Menko Luhut: Kita Masih Tahap Pembicaraan dengan Tesla

Menko Luhut: Kita Masih Tahap Pembicaraan dengan Tesla
Luhut Panjaitan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
UANG | 25 Februari 2021 11:11 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia saat ini tengah fokus merealisasikan rencana menjadikan Indonesia sebagai pasar besar untuk baterai kendaraan listrik, dan Tesla Inc. disebut sebagai salah satu perusahaan yang tertarik berinvestasi. Namun, Tesla dikabarkan akan memilih India untuk berinvestasi dalam pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik (EV battery).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pun menanggapi beredarnya kabar tersebut. Dia menegaskan, hingga kini Indonesia masih dalam tahap pembicaraan dengan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut.

"Indonesia penghasil nickel ore, mereka melihat potensi kita, sampai hari ini kita masih bicara," ujar Menko Luhut dalam diskusi daring, Jakarta, Kamis (25/2).

Menko Luhut mengatakan, kedua pihak menyepakati perjanjian di mana isu negosiasi tidak boleh diungkapkan kepada publik (Non-Disclosure Agreement/ NDA). Sehingga, pihaknya tidak bisa merinci apa saja yang tengah dibicarakan.

"Kita sudah NDA dengan dia (Tesla). Kita tidak pernah bicara pabrik mobil, ada enam, ada soal starlink, launching pad, hypersonic, baterai lithium, stabilizer energi," jelasnya.

Dia menambahkan, apabila resmi bekerja sama dengan India, investasi Tesla kemungkinan baru akan beroperasi pada 2025. "Orang rebut soal Tesla di India itu kejadian di 2025 juga. Kita punya bauksit, nickel ore, copper (tembaga). Sekarang nickel ore masuk ke kerangka mobil dengan aluminium. Kita punya semua di situ." (mdk/idr)

Baca juga:
5 Mantan Karyawan Tesla Siap Salip Kesuksesan Elon Musk
Kata Bos BKPM Soal Tesla Condong Pilih India Investasi Baterai Mobil Listrik
Kepala BKPM: Negosiasi dengan Tesla Masih Jalan, Belum Ada Keputusan
Diduga Curi Software, Mantan Karyawan Tesla Diseret ke Meja Hijau
Saham Tesla Anjlok, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia
Harga Bitcoin Cetak Rekor Tertinggi, Kini Bisa untuk Beli Mobil Tesla

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami