Menko Luhut: Mandalika Jadi Sirkuit MotoGP Pinggir Pantai Pertama di Dunia

Menko Luhut: Mandalika Jadi Sirkuit MotoGP Pinggir Pantai Pertama di Dunia
Luhut Panjaitan. ©2016 merdeka.com/imam buhori
EKONOMI | 29 Januari 2020 14:24 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Perhelatan MotoGP 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbagai persiapan tengah dikerjakan pemerintah sebagai tuan rumah. Saat ini, dilaporkan progres pembangunan sirkuit terbuka pertama dalam tahap pembuatan jalur arena balapan. Masih ada waktu 1,5 tahun tersisa untuk merampungkannya.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan gelaran ini akan jadi yang pertama di dunia dan MotoGP diselenggarakan di arena terbuka dan berdekatan dengan pantai.

"Memang ini pertama di dunia, di pinggir pantai," kata Luhut di Kementerian Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta (29/1).

Luhut meyakini, cara ini mampu mendatangkan banyak turis mancanegara untuk datang di Indonesia. MotoGP katanya saat ini banyak digemari orang. Bahkan sekarang sedang populer di Thailand.

Pada tahun 2015 di Buriam, penonton MotoGP mencapai 150.000 orang. Lalu di tahun kedua, meningkat jadi 220.000 orang.

Tidak sedikit penggemar MotoGP asal India rela terbang ke luar negeri demi menyaksikan secara langsung. Hal ini lantas menjadi potensi yang dilirik pemerintah. "Jadi dengan adanya ini lebih menggaungkan lagi turis Indonesia ke depan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Dorong Pembangunan Sirkuit Kelas Dunia

sirkuit kelas dunia rev1

Maka, pemerintah kata Luhut mendorong pembangunan sirkuit berstandar internasional. Proyek ini pun didanai oleh investor Vinci Contraction, perusahaan kelas dunia.

Dia mengaku telah meminta Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer meminta agar pengerjaan detail tiap komponen berstandar internasional.

Proyek ini pun sudah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Mei tahun lalu untuk memantau persiapan. Dia pun berencana meninjau persiapan pada Bulan Maret atau April mendatang.

"Oktober tahun ini akan selesai jadi satu sebelum MotoGP," kata Luhut.

Hingga saat ini total persiapan sudah dilakukan sebanyak 40 persen. Jalan dari Lombok Praya International Airport menuju Mandalika terjadi pemangkasan mencapai 17 kilo meter. Sehingga waktu tempuh hanya 20 menit.

Proses pembuatan jalur baru ini sedang dalam proses. Tinggal menunggu 1 persen tanah yang perlu dibebaskan. "Moto GP sudah 40 persen. Tapi kalau jalan malah lebih dari 40 persen," katanya.

Begitu juga dengan penginapan, dia merasa jumlah penginapan di Mandalika sudah tersedia sejak dua tahun lalu. Saat ini pun sudah ada beberapa hotel baru di sekitaran lokasi.

Luhut meyakini dengan diselenggarakannya MotoGP di Lombok akan mampu berdampak positif pada perekonomian Indonesia. Ini juga merupakan ajang memperkenalkan destinasi wisata baru di Indonesia, seperti Labuan Bajo, Danau Toba dan Mandalika. "Jadi orang lihat bukan Bali saja," kata Luhut mengakhiri. (mdk/idr)

Baca juga:
Siapkan 10.000 Tiket Pre-booking MotoGP Mandalika 2021, Seminggu Terjual 3.200 Tiket
Pembangunan Sirkuit Mandalika Capai 30 Persen
Kemenpar Perkuat Mandalika Sebagai Destinasi Prioritas Lewat Pameran Pariwisata
Kabar Terbaru Pembangunan Kawasan Penunjang Sirkuit MotoGP Mandalika
Tak Hanya MotoGP, Jokowi Ingin Mandalika Juga Punya Sirkuit Balap Formula Satu
Kementerian PUPR Bangun Bypass 17 Km dan Sirkuit MotoGP di Mandalika

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami