Menko Luhut soal 100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf: Ratas Terbanyak Digelar Presiden

UANG | 28 Januari 2020 21:59 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa periode kedua pemerintahan Jokowi yang telah berjalan kurang lebih 100 hari lebih baik dibandingkan lima tahun sebelumnya. Ini merupakan buah dari sinergi yang dibangun lima tahun sebelumnya.

Selama 100 hari kerja Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi banyak melakukan rapat terbatas tingkat menteri. Khususnya terkait omnibus law. Luhut menyebut ratas tentang RUU Omnibus Law merupakan ratas terbanyak selama dia menjadi menteri Jokowi.

"Saya lihat ini baru ratas (rapat terbatas) yang terbanyak yang dilakukan presiden dalam satu materi," ungkap Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta, Selasa, (28/1).

Mantan Menko Polhukam ini melihat Presiden Jokowi tak ingin ada lagi masalah aturan menghambat masuknya investasi ke Indonesia. Sebab hal itu menyebabkan investor asing enggan masuk ke Indonesia.

1 dari 1 halaman

Sederhanakan Aturan

Untuk itu, pemerintah mengambil langkah menyederhanakan aturan yang tumpang tindih lewat omnibus law. Meski RUU ini masih dalam proses pembahasan, namun sudah banyak menarik perhatian investor asing.

Sebagai menteri yang menangani investasi, Luhut mengaku banyak investor yang penasaran tentang omnibus law. Setelah dijelaskan, para investor tersebut tertarik dan bersedia menamakan modalnya di Indonesia.

Misalnya, beberapa waktu lalu, ada pengusaha asal Australia ingin bertemu dengannya. Dia adalah John Andrew Henry Forrest AO, salah satu orang terkaya di Australia.

Setelah mendapat penjelasan tentang omnibus, Andrew kata Luhut langsung ingin investasi di Indonesia. Dia bermaksud membangun industri baja dengan membangun hydro power. Sehingga produk buatannya ramah lingkungan.

"Yang pasti (investasinya) miliar dolar karena membangun industri baja," kata Luhut. (mdk/idr)

Baca juga:
100 Hari Jokowi-Ma'ruf: Cari Investasi Asing Hingga Kebut Aturan Ibu Kota Baru
Ini Deretan Kenaikan Tarif di 100 Hari Kerja Presiden Jokowi
100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf Amin: Bersih-Bersih BUMN
100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf: Para Menteri yang Tuai Kontroversi
100 Hari Jokowi-Ma'ruf: PR Besar Penegakan Hukum
Kinerja Imigrasi Noda Merah 100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.