Menko Luhut Tunggu Respons Boeing soal Kecelakaan Boeing 737 Max 8
UANG | 13 Maret 2019 21:20 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengaku tidak ingin terburu-buru dalam memberikan izin terbang untuk pesawat Boeing 737 Max 8 di Indonesia. Menurutnya, inspeksi larangan terbang akan dihentikan sampai pihak Boeing memastikan keamanan terbang.

"Ya kita tunggu dari sana (Boeing 737 Max 8). Saya pikir kita tidak akan terburu buru cabut itu karena kita tidak mau nanti tiba-tiba ada pula lagi kecelakaan itu. Kita sudah sepakat mengenai itu. Kita ingin yakin betul bahwa 737 Max ini bisa terbang dengan aman," kata Menko Luhut saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Rabu (13/2).

Seperti diketahui, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sebagai regulator telah melakukan inspeksi larang terbang sementara pesawat terbang Boeing 737 Max 8. Hal ini menyusul jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines Boeing 737 Max 8.

"Ya kita tunggu. Bisa 2 sampai 3 minggu, satu bulan. tergantung respons dari Boeing," pungkas Luhut.

Sebelumnya, Otoritas Penerbangan Sipil Thailand juga memutuskan untuk melarang terbang pesawat Boeing 737 Max 9 selama tujuh hari, menyusul kecelakaan mematikan di Ethiopia pada Minggu (10/3) yang melibatkan jet Boeing 737 Max 8.

Kecelakaan di Ethiopia adalah kali kedua yang melibatkan model yang sama dalam waktu kurang dari lima bulan. Sebuah jet penumpang Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan oleh Lion Air Indonesia jatuh pada Oktober tahun lalu, menewaskan 189 orang. Kedua kecelakaan itu menimbulkan kekhawatiran besar tentang keselamatan pesawat terbang itu.

Adapun Indonesia sendiri terdapat 2 maskapai penerbangan di Indonesia yang mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Yakni PT Garuda Indonesia sebanyak 1 unit dan PT Lion Air sebanyak 10 unit.

Baca juga:
5 Negara Ini Melarang Boeing 737 Max 8 Melintas di Ruang Udaranya
Thailand Larang Terbang Boeing 737 Max 9 Selama Tujuh Hari
Luhut Panggil Kemenhub dan KNKT Bahas Perkembangan Boeing 737 Max 8
India Ikut Kandangkan Pesawat Boeing 737 Max 8
Jokowi soal Boeing 737 Max 8 Dilarang Terbang: Keselamatan Penumpang Nomor Satu
Penghentian Operasional Boeing 737 Max 8 Diklaim Tak Ganggu Jadwal Penerbangan

(mdk/idr)