Menko Rizal sebut kasus Setnov bikin mafia keluar dari sarang

UANG | 17 Desember 2015 15:53 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan kasus 'papa minta saham' menjadi pintu masuk pengusutan mafia tambang di Indonesia. Kasus tersebut dinilai dapat membuat para mafia keluar dari sarangnya, sehingga pemerintah dapat membasmi mafia tersebut.

"Dalam istilah saya, ini jurus memancing ular-ular keluar dari sarangnya, kalau sudah keluar nanti kita keprukin satu-satu nanti," ujar Rizal di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (17/12).

Rizal menjelaskan sedari awal sudah terlihat kelompok-kelompok mafia bak sinetron dilayar kaca terkait dengan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

"Saya sudah katakan ini memang jelas perang antar geng. Semuanya sudah nampak siapa saja yang bermain," kata dia.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini pun enggan membeberkan mafia yang bermain dalam perpanjangan PT Freeport Indonesia. Namun, dia meminta rakyat untuk sabar menunggu kelanjutan kasus tersebut.

"Ini masih kita tunggu episode selanjutnya," kata dia.

Sebelumnya, Setya Novanto baru saja menyatakan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPR periode 2014-2019 kepada Mahkamah Kehormatan Dewan. Kemunduran dirinya itu sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi perpolitikan dan sosial di masyarakat yang sebelumnya gaduh akibat kasus 'Papa Minta Saham' ini. (mdk/sau)

Baca juga:
Agung Laksono sebut Setnov mundur tensi politik di parlemen mereda
Mundurnya Setya Novanto momentum awal ubah kinerja DPR
LSI: Kepercayaan publik terhadap DPR terburuk dalam 10 tahun
Setnov mundur, Politikus PDIP desak seluruh pimpinan DPR diganti
Idrus minta Agung tidak usah grasak grusuk cari pengganti Setnov
Jeep Commander mewah milik Setya Novanto
Kejagung pastikan usut tuntas kasus 'Papa Minta Saham'


Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.