Menkominfo Target Satelit Indonesia Raya Mengorbit Kuartal III-2023

Menkominfo Target Satelit Indonesia Raya Mengorbit Kuartal III-2023
Satelit. bataraemas.com
UANG | 5 Oktober 2020 12:10 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan satelit multifungsi, Satelit Indonesia Raya akan diorbitkan pada kuartal III-2023. Peluncuran satelit ini untuk mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi Indonesia secara menyeluruh.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate memastikan satelit ini akan meratakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi di seluruh wilayah Tanah Air. Sebagai gambaran, masih terdapat 12.548 desa dan kelurahan di Indonesia saat ini yang perlu dilengkapi dengan kehadiran sinyal 4G.

"Kita menargetkan peluncuran satelit multifungsi Satelit Indonesia Raya atau Satria Satu yang kita harapkan bisa diletakkan di orbit selambat-lambatnya pada Kuartal ketiga tahun 2023,” kata Johnny dalam Peluncuran Pelatihan Digital UMKM di Indonesia, di Jakarta, Senin (5/10).

Selain itu, satelit ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan 150.000 titik layanan publik dari 500.000 titik yang terdapat di Indonesia.

Di masa pandemi ini, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo telah menghadirkan akses internet di lebih dari 7.634 titik dan akses internet tidak dibebankan biayanya kepada pengguna di titik-titik tersebut.

Akses internet disediakan secara gratis, yang mana hadirnya wi-fi yang dihubungkan langsung dengan satelit-satelit yang telah digunakan saat ini. Kata Johnny, di orbit ada 9 satelit yang digunakan untuk keperluan Telekomunikasi Indonesia.

Baca Selanjutnya: Pakai Satelit Global...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami