Menkop: 10,25 Juta UMKM Tergabung ke Ekosistem Digital

Menkop: 10,25 Juta UMKM Tergabung ke Ekosistem Digital
UANG | 26 November 2020 18:42 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki memastikan program 10 juta UMKM Go Digital sudah tercapai. Sebab, per 26 November jumlah UMKM yang telah memasuki ekosistem digital telah menembus 16 persen dari total atau mencapai 10,25 juta.

"Saat ini telah terdata ada 16 persen (10,25 juta) UMKM yang hadir dalam ekosistem digital," tegas Menteri Teten dalam webinar UMKM Go Digital : From Local to Global Champion, Kamis (26/11).

Teten mengatakan, lompatan besar itu tak lepas dari mulai tumbuhnya kesadaran pelaku UMKM untuk memanfaatkan penjualan secara daring. Mengingat adanya tiga manfaat positif yang dirasakan pelaku UMKM.

Pertama, peningkatan skala usaha. "Karena dalam berproduksi skala besar biaya lebih. ekonomis," paparnya.

Kedua, adanya peningkatan kualitas produk. "Ini agar bisa bersaing dengan usaha besar dan di market digital," terangnya.

Manfaat terakhir atau ketiga, ketertarikan untuk meningkatkan literasi digital. Mengingat kepiawaian pelaku UMKM dalam keterampilan digital akan menentukan kesuksesan bisnis. "Seperti mengoperasikan perangkat elektronik, aplikasi, dan lainnya," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Target Awal Pemerintah...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami