Menkop Teten Ajak UMKM Terlibat dalam Penyediaan Barang & Jasa Pemerintah

Menkop Teten Ajak UMKM Terlibat dalam Penyediaan Barang & Jasa Pemerintah
UANG | 26 November 2020 17:39 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar terlibat aktif dalam kegiatan belanja pengadaan barang dan jasa pemerintah. Mengingat adanya Keuntungan ekonomi yang bernilai fantastis.

"UMKM harus ikut dalam kegiatan belanja pengadaan barang dan jasa pemerintah. Karena ada nilai potensial mencapai sekitar Rp321 triliun," tuturnya dalam webinar UMKM Go Digital: From Local to Global Champion, Kamis (26/11).

Apalagi, Kementerian BUMN juga berkomitmen penuh untuk membantu pelaku UMKM di kondisi sulit akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memastikan belanja barang dan jasa BUMN dengan nilai dibawah Rp14 miliar dialokasikan khusus bagi UMKM melalui Pasar Digital.

"Setidaknya ada potensi keuntungan Rp35 triliun dengan 27 kategori produk. Misalnya kategori adalah Alat Tulis Kantor, Catering dan Snack, Souvenir dan Merchandise, Pengadaan dan Sewa Furniture, Jasa Event Organizer dan lainnya," terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah berkolaborasi bersama LKPP dengan menghadirkan Laman UMKM dan BeLa Pengadaan. Terobosan ini dimaksudkan untuk mempermudah akses UMKM terhadap kegiatan belanja pengadaan barang dan jasa pemerintah itu.

"Selain itu, kami juga aktif melakukan pendampingan dan pelatihan bagi UMKM untuk dapat hadir dalam platform ini," imbuh dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Mendag Agus Dorong UMKM Pasarkan Produk Secara Luring dan Daring
Ada Dana Rp1.200 T Mengendap di Perbankan Akibat Rendahnya Permintaan Kredit
Ada UU Cipta Kerja, Menteri Teten Ungkap UMKM Bisa Ambil Kredit Bank Tanpa Agunan
Kondisi Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Terbitkan 105 Ribu Izin UMKM
Anies Sebut Sudah Terbitkan 105 Ribu Izin UMKM Selama Pandemi Covid-19
Intip Perjuangan Randy Dan Bam, Populerkan Bisnis Jajanan Korea Saat Pandemi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami