Menkop Teten Bantah UU Cipta Kerja Dorong Liberalisasi Investasi di RI

Menkop Teten Bantah UU Cipta Kerja Dorong Liberalisasi Investasi di RI
Menkop Teten Masduki. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
EKONOMI | 8 Oktober 2020 18:11 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menanggapi polemik atas pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja pada tataran masyarakat. Khususnya terkait isu UU kontroversial tersebut akan menciptakan liberalisasi investasi untuk menyingkirkan UMKM domestik.

"Saya kira UU Cipta Kerja memberikan penguatan dan proteksi terhadap persaingan dengan usaha besar. Jadi, tidak betul kalau UU Cipta Kerja ini akan mendorong liberalisasi investasi yang akan menyingkirkan UMKM. Karena habis ini kita cukup optimis pengaturan investasi kita dorong agar ada kemitraan dengan UMKM," tegas dia dalam Konferensi Pers UU Cipta Kerja Klaster Koperasi dan UKM, Kamis (8/10).

Menurutnya, ketentuan tersebut termaktub dalam Pasal 99, 100, dan 101 atas adanya inkubasi dapat menguatkan dan mengembangkan kualitas pelaku UMK agar dapat memiliki daya saing tinggi.

Penegasan lainnya juga diatur dalam pasal 103 dan 104 terkait adanya pengalokasian tempat promosi, tempat usaha dan atau pengembangan UMK pada infrastruktur publik. Sehingga justru akan meningkatkan persaingan UMKM dengan usaha besar.

"Kalau investasi ini hanya diarahkan kepada korporasi besar maka akan terjadi gap atau celah antara UMKM, koperasi, dan korporasi ini akan semakin tajam. Karena itu, saya kira penting kita juga mendorong investasi tetapi harus bermitra," tambahnya.

Maka dari itu, dia menilai jika UU Cipta Kerja justru akan mempererat kemitraan UMKM dengan usaha besar. Imbasnya terjadi tukar pengalaman yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

"Justru nanti banyak tukar pengalaman dari dari berbagai negara dan berbagai studi. Ini akan memberikan peluang lebih besar bagi UMKM untuk naik kelas," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Bos BKPM Yakin Demo Penolakan UU Cipta Kerja Tak Ganggu Iklim Investasi
Menkop Teten Minta UMKM Investasi Agar Tetap Bertahan di Tengah Pandemi
Menteri Edhy Klaim UU Omnibus Law Urai Hambatan Investasi Rp 300 T Sektor Kelautan
Menteri Sri Mulyani Harap Pembentukan SWF Akan Tarik Investasi Capai Rp225 T
UU Cipta Kerja Disahkan, 153 Perusahaan Siap Masuk ke Indonesia
Tarik Investasi, PPh Dividen WP Badan dan Orang Pribadi Dalam Negeri Dihapus

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami