Menkop Teten: Digitalisasi UMKM Bisa Permudah Akses Pembiayaan

Menkop Teten: Digitalisasi UMKM Bisa Permudah Akses Pembiayaan
UANG | 29 Juli 2020 15:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyebut bahwa digitalisasi membuat UMKM lebih mudah untuk mendapatkan akses pembiayaan. Hal ini karena jejak digital perusahaan UMKM dari dapat ditelusuri lebih komprehensif.

"Digitalisasi ini kemudahan UMKM dalam mengakses pembiayaan karena digital record kesehatan usaha akan memberikan kemudahan mereka mendapatkan pinjaman," kata Teten dalam dalam Konferensi Pers Kolaborasi dan Sinergi Program dan Kegiatan Kemenkop UKM dengan Platform Medsos, Rabu (29/7).

Selain itu, Teten menilai digitalisasi ini penting untuk memperluas pasar UKM. Bukan hanya di dalam negeri, namun juga id luar negeri. Untuk itu, peran teknologi digital menjadi sangat diperlukan.

Di sisi yang lain, transparansi dari praktik digitalisasi UMKM dapat meningkatkan kepercayaan investor.

"Bisnis proses menjadi lebih efisien, akuntabel dan itu penting bagi UKM untuk mendapatkan investasi yang besar," disebut Teten.

Adapun bentuk dari sinergi Kemenkop UKM dengan Facebook Grup termasuk pelatihan mengenai seluk beluk e-marketing. Hingga saat ini sudah ada 85 ribu UKM yang sudah dilatih oleh Facebook Group.

Ke depannya, Facebook Group bersama dengan Smesco Indonesia akan menyasar sekitar 15 ribu UKM dan akan terus diperluas.

Reporter: Pipit Ika Ramdhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami