Menkop Teten Dorong Koperasi Bertransformasi ke Sistem Digital

Menkop Teten Dorong Koperasi Bertransformasi ke Sistem Digital
UANG | 20 Juli 2020 15:02 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Percepatan implementasi revolusi industri 4.0 di Indonesia terjadi akibat pandemi Covid-19. Proses digitalisasi berbagai sistem yang ada, tengah gencar dilakukan pemerintah. Tak terkecuali koperasi.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki meminta ribuan koperasi yang ada saat ini bertransformasi dari sistem konvensional menjadi digital.

"Sudah saatnya koperasi-koperasi bertransformasi dari yang konvensional ke digital dan melakukan kolaborasi antar lembaga," kata Teten dalam Webinar Nasional Koperasi Era Industri 4.0, Jakarta, Senin (20/7).

Teten menjelaskan, kunci koperasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dengan melakukan beberapa hal. Mulai dari fokus pada perkembangan bisnis yang mengarah pada kebutuhan bisnis anggota. Koperasi harus menjadikan anggotanya sebagai prioritas dalam pelayanan.

"Anggota harus jadi prioritas koperasi dalam memberikan layanan koperasi," kata Teten.

Manajemen koperasi juga harus dimodernisasi. Perubahan juga harus dilakukan pada strategi, pola dan modern bisnis yang berbasis sains.

Penting juga dalam hal ini melakukan kolaborasi bisnis antar sesama koperasi maupun dengan pelaku usaha. Ada ribuan koperasi di seluruh Indonesia dengan tingkat kesehatan keuangan yang berbeda.

Baca Selanjutnya: Proses Panjang...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami