Menkop Teten Harap Raffi Ahmad Bantu UMKM Rambah Pasar Digital

Menkop Teten Harap Raffi Ahmad Bantu UMKM Rambah Pasar Digital
UANG | 26 Februari 2020 15:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bersama Raffi Ahmad meresmikan acara Rans Carnival, yang merupakan karnaval taman hiburan sekaligus sebagai tempat menampilkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Raffi Ahmad merupakan artis sekaligus influencer yang memberikan pengaruh besar untuk mempromosikan produk UMKM. Dia berharap, Raffi bisa membantu mempromosikan produk UMKM supaya bisa dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia.

"Sekarang memang era ekonomi digital, UMKM rata-rata tidak punya brand yang kuat seperti produk yang besar, kita perlu influencer yang besar "Raffi" yang ngetop lah yang punya follower begitu banyak di media sosial dan kebetulan beliau telepon. Sebenarnya kita sudah naksir lama, begitu Raffi telepon 'Fi bantuin dong promote produk-produk UMKM, kan produk rakyat jumlahnya ada banyak ada 64 juta, dan banyak di kuliner di produk fesyen dan sebagainya," kata Teten yang hadir dalam acara peresmian "Rans Carnival" di SMESCO, Jakarta, Rabu (26/2).

Dia menjelaskan, kontribusi UMKM ke Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 60 persen, sehingga dibutuhkan ide-ide agar UMKM di Indonesia bisa terus berkembang. "Jadi saya seneng sekali bisa berkolaborasi, apalagi nanti keliling ke tiap daerah. Ini kan bisa mempromokan produk-produk UMKM sehingga terus bergairah, karena produk UMKM itu terus bergerak maju," ujarnya.

Selain menampilkan produk UMKM, Rans Carnival juga menyediakan ruang konsultasi dengan pelaku UMKM. Sehingga pelaku UMKM bisa tahu bagaimana cara mengembangkan usaha, terkait pembiayaan, marketing, penjualan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bisnis digital.

"Kita nanti bisa membuka ruang konsultasi juga, tanya jawab bagaimana mengembangkan usaha, pembiayaan, marketing, penjualan. Pokoknya hebatlah dari program ini kita bisa bahagia semua," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Rans Carnival Beri Inovasi ke UMKM

Sementara itu, Raffi mengatakan dirinya ingin membantu Kementerian koperasi dan UKM untuk mempromosikan produk UMKM, dan membantu pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital dalam berbisnis.

"Ada UMKM di sini saya ingin banget support UMKM, bahwa sekarang dunia ini sedang dalam dunia digital, kita akan kasih tahu caranya sosial media, InsyaAllah mereka bisa memasarkan produk-produknya sesuai dengan market," kata Raffi.

Sementara itu, Raffi menginginkan acara ini untuk ke depannya bukan hanya menjadi acara tahunan. Melainkan berlanjut dan terus melakukan inovasi, apalagi untuk meningkatkan produk UMKM naik kelas. "Kita bukan hanya ingin jadi event tahunan, tapi kita ingin terus di mana juga ada produk UMKM," ujarnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Plafon KUR 2020 Naik, OJK Imbau Perbankan Lebih Selektif Beri Kredit
Gandeng Fintech dan E-Commerce, Bank Mandiri Target Salurkan Rp1 Triliun ke UMKM
Gandeng Raffi Ahmad, Pemerintah Ingin Masyarakat Makin Cinta Produk Indonesia
Beri Edukasi, Ralali Partner Fokus Kembangkan UMKM dan Ekonomi Digital Tanah Air
4 Sektor UMKM Indonesia Siap Lebarkan Sayap ke Pasar Internasional
Google dan DJP Kerjasama Permudah UMKM Dapat Informasi Pajak

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami