Menkop Teten Minta KKP kembangkan Koperasi di Sektor Perikanan

Menkop Teten Minta KKP kembangkan Koperasi di Sektor Perikanan
UANG | 19 Agustus 2020 10:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengajak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk membentuk dan mengembangkan koperasi di sektor perikanan. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas.

"Pelaku usaha di Indonesia 99 persen adalah UMKM, nah ini yang sekiranya Pak Edhy kita perlu kerjasama untuk membentuk Koperasi-koperasi di sektor perikanan," kata Teten dalam soft launching Pasar laut Indonesia dan Sistem Resi Gudang Ikan secara Virtual, Rabu (19/8).

Dengan adanya koperasi ini, akan memudahkan dalam pengelolaan ekonomi di sektor perikanan Indonesia. Menurutnya saat ini Indonesia beruntung dengan perkembangan teknologi, dengan adanya platform-platform digital bisa menghubungkan produk-produk nelayan-nelayan kecil, petani-petani kecil ke market, supaya mereka bisa mengakses pasar yang lebih luas dan lebih cepat.

Dia pun berharap kerjasama antara KKP dan Kementerian Koperasi dan UKM bisa terus diperkuat, terutama dalam membangun koperasi-koperasi perikanan yang potensinya cukup besar bisa digarap Bersama, seperti tugas KKP yang diberikan oleh Presiden dalam membuat 300 ribu hektar tambak.

Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM saat ini sedang fokus dalam pengembangan koperasi pangan salah satunya komoditi perikanan. Oleh karena itu, sangat penting berkoperasi agar skala usaha yang kecil-kecil menjadi lebih besar.

Sehingga kegiatan produksinya menjadi lebih efisien, hasil panennya menjadi lebih berskala, pembiayaannya menjadi mudah dan akses pasarnya menjadi lebih besar.

"Saya kira kita harus mulai mengubah bagaimana nelayan-nelayan perorangan menjadi berkelompok dan berkoperasi. lalu dari skala usaha-usaha yang kecil kita konsolidasi menjadi usaha yang berskala ini juga koperasi akan menjadi partner kami dalam pembinaan pengembangan UMKM," tandasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Menkop Teten Nilai Pasar Laut Indonesia Mampu Sejahterakan Masyarakat
KKP Resmikan program Pasar Laut Indonesia dan Sistem Resi Gudang Ikan
10 Jenis Ikan Paling Mematikan di Dunia, Waspadai saat Berenang di Laut
Edhy Prabowo Pastikan Bisnis Budidaya Udang Lebih Kondusif dan Ramah Investasi
Menteri Edhy Sebut Keuntungan Penambak Udang Bisa Capai Rp 300 Juta
KKP dan Polri Gagalkan Penyelundupan 54,9 Ton Ikan Patin Ilegal

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami