Menkop Teten Sebut Dampak Virus Corona ke UMKM Masih Kecil

Menkop Teten Sebut Dampak Virus Corona ke UMKM Masih Kecil
UANG | 8 Maret 2020 18:38 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, dampak virus corona terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) masih kecil. Sebab, sektor ini telah teruji ketahanannya dalam menghadapi berbagai isu ekonomi dari mulai tingkat nasional hingga global.

Bahkan, dia menilai UMKM di Indonesia seharusnya bisa memanfaatkan virus corona ini untuk memenuhi kebutuhan produk masyarakat yang terhambat karena pembatasan impor.

"Ini Corona kan opportunity (kesempatan) bagi UMKM kita, agar bisa memproduksi barang yang konsumen inginkan," tegas nya di Komplek Gedung Sate, Bandung, Minggu (8/3).

Menurutnya, kekhawatiran oleh dampak dari wabah virus Corona terhadap pertumbuhan ekonomi nasional lebih terhadap kegiatan aktivitas produksi suatu perusahaan yang terancam terhenti.

Dia menilai, permasalahan UMKM sebenarnya disebabkan oleh faktor perencanaan dan kebijakan yang kurang jelas, sehingga banyak UMKM yang kesulitan untuk naik kelas. Untuk itu, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah paket kebijakan agar dapat memacu kinerja sektor UMKM Indonesia semakin kompetitif dan lebih mandiri.

Namun, dirinya belum bersedia membocorkan isi paket kebijakan yang di maksud lebih lanjut. "Dinamika ekonomi indonesia itu digerakkan oleh yang kecil kecil itu, jadi jangan salah desain lagi ekonomi ke depannya," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Blusukan di Dapil, Legislator Golkar Ajak BI Perkuat UMKM
Misbakhun Gandeng OJK Sosialisasikan Akses Permodalan bagi Pelaku UMKM
Tak Ada Sanksi Bagi Pelaku Usaha Kecil yang Naikkan Harga Masker
Airlangga: Omnibus Law Bakal Buat Supir Ojol Bisa Punya PT
Layani 230.000 UMKM, Startup Qasir Catat Transaksi Rp 75 Miliar Tiap Minggu

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami