Menkop Teten Sebut Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional ada di UMKM

Menkop Teten Sebut Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional ada di UMKM
UANG | 4 Agustus 2020 17:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyebut bahwa ekonomi nasional bisa segera pulih jika pemerintah memulihkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terlebih dahulu.

"Secara teori ekonomi nasional, tidak mungkin bisa pulih kalau kita tidak segera memulihkan UMKM-nya,” kata Teten Masduki dalam acara Webinar Galang UKM bertema Momentum UKM Indonesia: Bangkit Menuju Masa Keemasan yang diselenggarakan oleh Markplus Institute, Selasa (4/8).

Saat ini, sebanyak 99 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Teten menyebut, pemerintah pun telah menyadari untuk memulihkan UMKM melalui berbagai program. Dia mengajak semua pihak untuk bekerja sama menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Pemerintah sudah siap dengan desain bagaimana menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi.

Selain itu, dia menekankan pentingnya untuk memperkuat kapasitas UMKM dengan sejumlah program utama, di antaranya pendekatan ke market, go digital, hingga memperluas akses pembiayaan.

"Sebanyak 97 persen wilayah Indonesia bisa diakses internet dan logistik. Wilayah Indonesia sudah potensial untuk bisa masuk ke market digital," katanya.

Sejumlah program pun telah dikembangkan di antaranya pihaknya memperkuat akses pasar UMKM dengan menjadikan Smesco Indonesia sebagai trading house, menyusun e-katalog untuk memudahkan buyer dalam dan luar negeri, hingga memperluas KUR agar sesuai dengan kebutuhan pembiayaan UMKM.

"Pemerintah memberikan perhatian besar terkait bagaimana agar tersedia pembiayaan bagi UMKM yang lebih ramah," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Koperasi Jadi Mitra...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami