Menperin Sebut Usulan Keringanan Biaya Listrik Industri Telah Disetujui

Menperin Sebut Usulan Keringanan Biaya Listrik Industri Telah Disetujui
UANG | 3 Agustus 2020 19:39 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyebut usulan keringanan biaya listrik untuk industri telah disetujui. Usulan tersebut digulirkan sebagai upaya perlindungan sektor industri nasional dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19.

"Usulan ini dilakukan sebagai upaya membantu sektor industri tetap survive atau dapat beroperasi secara efisien. Sebelumnya, sudah ada kebijakan penurunan harga gas. Kami pun telah mengusulkan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan atas impor barang untuk keperluan penanganan pandemi COVID," kata Menperin Agus seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (3/8).

Menteri Agus menambahkan bahkan, pemerintah bertekad mengoptimalkan implementasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). "Semua proyek nasional harus menyerap produk yang sudah bisa diproduksi oleh industri dalam negeri. Pemerintah telah menegaskan, bagi direksi BUMN yang tidak memiliki komitmen tinggi terhadap penyerapan produk lokal, sanksinya adalah diganti," imbuhnya.

Menteri Agus mengakui dampak pandemi COVID-19 membawa perubahan kepada seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam aktivitas proses produksi di sektor industri. "Oleh sebab itu, diperlukan upaya strategis yang dilakukan secara bersama-sama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Kemenperin memberikan apresiasi kepada sektor industri yang menjalankan aturan secara ketat dalam mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kerjanya.

"Contohnya PT Bukaka yang telah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ini menjadi contoh yang baik untuk ditiru oleh perusahaan lain agar dapat menjalankan komitmen adaptasi dengan kebiasaan baru dalam melakukan operasional pabrik," paparnya.

Baca Selanjutnya: Industri Pengolahan Nonmigas Kontributor Terbesar...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami