Menperin Soal RI Dikeluarkan dari Negara Berkembang: Perlu Persiapan

Menperin Soal RI Dikeluarkan dari Negara Berkembang: Perlu Persiapan
Agus Gumiwang. ©2018 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi
UANG | 26 Februari 2020 21:27 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, diperlukan persiapan terkait dikeluarkannya Indonesia dari daftar negara berkembang oleh Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat atau US Trade Representative (USTR).

"Kita statusnya sudah tidak lagi negara berkembang, sudah menjadi negara maju. Dan ini assessment dari Amerika. Tentu dengan hal ini harus dipersiapkan," kata Menperin di Balaraja, Banten, dikutip Antara, Rabu (26/2).

Dia menjelaskan, pemerintah akan membahas beberapa hal terkait fasilitas pengurangan bea masuk atau Generalized Systems of Preference (GSP) kepada Indonesia. "Tapi juga tentu ada beberapa hal yang mau kita bicarakan terkait GSP, ini juga penting. Ada 700 items yang terkait GSP," jelasnya.

USTR memperketat kriteria negara berkembang yang berhak mendapatkan pengecualian de minimis dan negligible import volumes untuk pengenaan tarif anti-subsidi atau countervailing duty (CVD), pada 10 Februari 2020. Berdasarkan keputusan tersebut, Indonesia tidak lagi dimasukkan dalam daftar negara berkembang.

Baca Selanjutnya: Kriteria Baru...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami