Menteri Basuki Bocorkan Rencana Pembangunan Tol Utara dan Selatan Jawa

UANG | 23 September 2019 20:36 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono membeberkan rencana pembangunan Tol di Pulau Jawa ke depan. Dia memastikan, pembangunan tol di Jawa sendiri akan terus ditambah dan dikembangkan.

Dia mengatakan, untuk di jalur utara, pembangunan tol akan dilanjutkan dari Semarang - Demak. Kemudian dari Demak, pembangunan tol akan dilanjutkan sampai Tuban, Jawa Timur. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menjadi pemrakarsa tol ini.

"Sampai Tuban, dari Demak sudah ada prakarsanya, Jasa Marga dan kawan-kawan. Jadi prakarsa kalau siap, akan kita lelangkan tahun depan seharusnya," kata Basuki di kantornya, Jakarta, Senin (23/9).

Selain di sisi utara, pihaknya juga akan menyambung tol di bagian selatan. Tol ini nantinya akan menyambung dari Ciawi, Garut, Tasikmalaya, Cilacap, Kulonprogo, Yogyakarta, hingga Solo.

"Jogja-Solo sudah kita tender. Kemudian termasuk Kulonprogo-Cilacap, dan Bawen-Jogja," tutupnya.

Sebelumnya pemerintah melakukan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol atas Proyek Jalan Tol Semarang – Demak yang terintegrasi dengan tanggul laut.

Perjanjian ini dilakukan antara Kepala BPJT Danang S Parikesit dengan Direktur Utama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang – Demak (PPSD) Handoko Yudianto, yang terpilih melalui proses tender sebagai Badan Usaha Pelaksana dalam proyek dengan skema KPBU ini.

Baca juga:
Jokowi Targetkan Tol Layang Cikampek Bisa Dilewati Saat Natal dan Tahun Baru
Tol Cijago Seksi II dari Cisalak-Kukusan Beroperasi Akhir September
Mewahnya Infrastruktur di Ibu Kota Baru, dari Kereta Api Tanpa Rel Hingga City Gas
Besok, Pemerintah RI-Jepang Dijadwalkan Bertemu Bahas Kereta Sedang Jakarta-Surabaya
Ibu Kota Baru Bakal Miliki 2 Jembatan Membelah Lautan
Tiga Ruas Tol JORR II Selesai Maret 2020, Termasuk Serpong-Cinere

(mdk/idr)