Menteri Basuki Identifikasi Kerusakan Infrastruktur Akibat Gempa di Sulbar

Menteri Basuki Identifikasi Kerusakan Infrastruktur Akibat Gempa di Sulbar
Menteri PUPR bersama Gubernur Sulbar. ©2021 Merdeka.com/Ahmad Udin
UANG | 17 Januari 2021 18:00 Reporter : Ahmad Udin

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono melakukan identifikasi kerusakan infrastruktur akibat gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) beberapa waktu lalu. Identifikasi dilakukan secara detail, khususnya jalan trans yang menghubungkan Mamuju dan Majene.

"Yang paling utama perbaikan jalur jalan Mamuju Mejene, dan ini sudah kami lakukan sehingga kendaraan pengangkut BBM dan logistik bisa lancar masuk di Mamuju dan Majene," kata Menteri Basuki kepada sejumlah media dalam kunjungannya di Mamuju, Minggu (17/1 ).

Selain itu, sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan, seperti fasilitas- fasilitas umum, irigasi dan seka- seka. Nantinya kata dia, setelah evakuasi korban sudah rampung, semua infrastruktur yang ambruk akan dibersihkan dengan menggunakan alat berat.

"Target pertama kita adalah mengevakuasi korban, setelah itu semua infrastruktur akan kami bersihkan dan saya target pembersihan 2 minggu," ujar Basuki.

Selain itu kata Menteri PUPR, semua tempat pengungsian akan disediakan layanan sanitasi air bersih. Dan cepat melakukan konektivitas jalur - jalur yang dilakukan kendaraan umum seperti Mamuju dan Majene.

Tak hanya itu, semua gedung - gedung akan diaudit apakah memang sudah mengalami kerusakan berat atau ringan.

Gedung- gedung ini kita audit semua karena secara kasat mata gedung - gedung masih layak tapi desa struktur sudah tidak layak digunakan akibat kerusakan yang parah. Dan bisa saja membahayakan," tutupnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Bantu Korban Gempa Mamuju, TNI Dirikan Kluster Tenda Pengungsian di 5 Lokasi
Doni Monardo Imbau Masyarakat Mamuju Tak Terpengaruh Isu Hoaks Gempa Susulan
Kepala BMKG: Energi Gempa di Sulbar Masih Tersisa, Belum Keluar Semua
Basarnas Berhasil Temukan 49 Korban Jiwa Gempa Mamuju dan Majene
TNI AL Bangun Posko di 3 Kota untuk Bantu Korban Bencana Sulbar dan Kalsel
Tinjau Wilayah Gempa di Sulbar, Menkes Budi Janji Penuhi Kebutuhan Medis

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami