Menteri Edhy Sebut KKP Selama Ini Tak Jalin Hubungan Baik dengan Pengusaha

UANG | 18 November 2019 16:06 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengakui ada komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antara kementerian dengan dunia usaha selama 5 tahun ke belakang. Hal itu tercermin dari beberapa sektor perikanan yang masih dianggap menjadi persoalan bagi dunia industri.

"Ada sesuatu yang janggal belum terkomunikasi dengan baik. Bukan berarti pendahulu saya tidak baik. Saya dengar langsung dari Wakil Ketua Umum Bidang Perikanan waktu saya di komisi IV beliau selalu komplen," kata dia saat melakukan pertemuan dengan pelaku usaha di Menara Kadin, Jakarta, Senin (18/11).

Dirinya pun tidak bermaksud menjelek-jelekan atas kinerja pemimpin sebelumnya. Namun ke depan, di bawah kepemimpinannya dirinya ingin bersama-sama membangun sektor perikanan dengan para pelaku usaha yang tergabung di Kadin.

"Kami minta maaf selama 5 tahun di KKP tidak ada komunikasi dengan baik. Kita akan bantu semua disektor ini," imbuh dia.

1 dari 1 halaman

Jalin Komunikasi Baik

Melihat kondisi tersebut, dirinya diminta betul-betul kepada Presiden Joko Widodo untuk melakukan komunikasi dengan baik kepada seluruh pelaku industri maupun para nelayan. Jangan sampai ada pelaku industri yang justru masih bertanya-tanya dengan kebijakan yang dijalankan oleh KKP.

"Beliau minta dua hal perbaiki komunikasi dengan masyarakat nelayan. Harus terbuka tidak ada istilah nelayan menjerit sedih. Semua termasuk pelaku usahanya tidak ada dikotomi dengan nelayan lainnya," jelasnya.

Kemudian, tugas kedua yang diberikan Presiden Jokowi kepada dirinya yakni membangun sektor perikanan budidaya, termasuk izin kapal-kapal. Dia memandang, selama ini urus izin masih dianggap sulit.

"Kami akan kaji, ke depan perizinan bukan jadi momok. Ada yang bilang izin 14 hari. kenapa ga bisa 1 hari?," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Menteri Edhy: Tidak Mungkin Negara Bangun Ekonomi Tanpa Pengusaha
Menteri Edhy Prabowo Janji Tindak Tegas Pencuri Ikan
Bunga KUR Turun, Edhy Prabowo Sebut Akses Pendanaan Nelayan Makin Banyak
Pimpin Apel Siaga, Menteri Edhy Ingin Perkuat Koordinasi untuk Jaga Laut NKRI
Pemerintah Optimalkan 16.000 Pulau Kecil Genjot Pertumbuhan Ekonomi