Menteri Edhy: Pegawai KKP Tunjukkan Antikorupsi dari Meja Kerja Masing-masing

UANG | 9 Desember 2019 10:28 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Dalam rangka memperingati hari antikorupsi sedunia, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berpesan agar warga di lingkup Kementerian Kelautan dan perikanan ikut memerangi praktik korupsi.

Edhy menyebut, praktik korupsi tidak sekadar mengambil uang negara dalam jumlah banyak. Mengambil Rp1 juta atau Rp2 juta juga masuk kategori korupsi. Oleh karena itu, dia mengajak semua warga lingkup KKP memerangi korupsi dimulai dari hati.

"Korupsi jangan dilihat kita ambil uang tapi bagaimana kita mencerminkannya," kata Edhy dalam sambutan Acara talkshow peringatan HAKORDIA 2019 di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Senin (9/12).

Edhy Prabowo menjelaskan, pegawai KKP sebagai pelayan masyarakat harus menunjukkan sikap anti korupsi dari meja kerja masing-masing. Salah satunya menerima setiap pengaduan dari masyarakat dengan atau tanpa membuat janji sebelumnya.

Sebagaimana dia telah mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk menjalin komunikasi dengan rakyat khususnya nelayan. Maka dia ingin pegawai lingkungan KKP menerima siapa saja yang datang dan memberikan pelayanan terbaik. Hal ini berlaku di seluruh kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan baik di tingkat pusat sampai tingkat daerah.

"Kalau ada tamu yang datang ke KKP terima dengan hati terbuka. Jangan tunggu itu atau bilang bukan bidang saya," kata Edhy.

Politikus Partai Gerindra ini menanyakan komitmen, bila ada kesempatan pemberian gratifikasi. "Anda sebagai petugas mau enggak terima," tanya Edhy.

1 dari 1 halaman

Jangan Hanya Seremonial

Komitmen itu disampaikan lantaran Edhy melihat secara fisik iklim anti korupsi sudah terbangun di lingkungan KKP. Hanya saja dia ingin menegaskan kesungguhan antikorupsi dari tiap pegawainya.

"Kalau dari sini kalau kita lakukan, masalah itu tinggal cerita karena kita memahami tugas masing-masing," ujar Edhy.

Dia menambahkan, peringatan hari antikorupsi jangan hanya dijadikan momen seremonial. Tetapi sebagai momentum meyakini satu tahun lalu dan satu tahun ke depan agar terhindar dari praktik korupsi.

"Mari kita bangun pemberantasan korupsi. Dimulai dari awal saja, dari meja pekerjaan kita," pesan Edhy. (mdk/idr)

Baca juga:
Ketua KPK Terpilih: Makna Hari Antikorupsi Dunia Adalah Keprihatinan Bagi Kita
Pengusaha Keluhkan Perizinan, Ketua KPK Dorong Sinkronisasi OSS dengan PTSP
Sri Mulyani: Tiap Hari Urus Uang Negara, Tiap Detik Ada Godaan Korupsi
Jokowi: Sampai Detik Ini Kita Masih Mempertimbangkan Perppu KPK
Wapres Ma'ruf Puji Kinerja Pencegahan KPK Selamatkan Uang Negara Rp60 T
Pemerintah Fokus Pencegahan Korupsi di Sektor Pelayanan Publik dan Perizinan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.