Menteri Erick Bakal Lebur Bank Syariah Milik Mandiri, BNI, dan BRI di Februari 2021

Menteri Erick Bakal Lebur Bank Syariah Milik Mandiri, BNI, dan BRI di Februari 2021
Erick Thohir kunjungi RS Pertamina Jaya. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
UANG | 2 Juli 2020 21:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berencana menggabungkan bank seluruh syariah milik perusahaan pelat merah pada Februari 2021. Sebanyak tiga bank syariah yang masuk dalam daftar tersebut yakni Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah.

"Kita coba sedang kaji bank-bank syariah kita ini nanti semua kita coba mergerin. Insya Allah Februari tahun depan jadi satu. Bank Syariah Mandiri, BNI, dan BRI," ujar dia dalam sesi webinar, Kamis (2/7).

Menteri Erick meyakini merger bank syariah tersebut akan membuka opsi-opsi pendanaan baru kepada pihak nasabah di Tanah Air. "Namanya pendanaan macam-macam kan, ada mahal, murah, syariah, kita mesti welcome semuanya itu," cetus dia.

Menurut dia, potensi bank syariah di Indonesia pun besar, lantaran mayoritas penduduknya muslim. "Lalu kenapa saya menginginkan merger syariah, karena Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu. Nah kalau syariah dimerger dia bisa menjadi top bank yang menjadi alternatif pilihan," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Penyebab perbankan syariah Indonesia keok...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami