Menteri Jonan Soal ESDM Sumbang PNBP Terbesar: Tukin Pegawai Tak Berubah

UANG | 18 Juli 2019 17:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mencatat, realisasi penerimaan sektor ESDM pada 2018 mencapai Rp 282,48 triliun atau 178 persen lebih besar dari target yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Penerimaan Dan Belanja Negara (APBN) 2018 yakni sebesar Rp 158,62 triliun.

"Penerimaan negara tahun 2018 ini merupakan penerimaan negara paling tinggi dalam lima tahun ini," kata Jonan, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/7).

Penerimaan tercatat bersumber dari PNBP sumber daya alam (SDA) sebesar Rp 195,17 triliun, PNBP non SDA Rp 22,35 triliun, PNBP Badan Layanan Umum (BLU) Rp 0,268 triliun dan PPH Migas sebesar Rp 64,70 triliun.

Atas capaian tersebut, Kementerian ESDM menjadi instansi penyumbang PNBP terbesar dengan 54 persen ke negara. "Tahun lalu PNBP 54 persen dari nasional, jadi nggaa ada Kementerian Lembaga yang lebih besar dari Kementerian ESDM," ujarnya.

Meski demikian, Jonan pun berkelakar menyangkutkan dengan tunjangan kinerja yang diperoleh pegawainya. Menurutnya, meski Kementerian ESDM menjadi instansi penyumbang PNBP terbesar, tetapi tunjangan kinerja pegawainya tidak mengalami perubahan.

"Walaupun pegawai tukinnya (tunjangan kinerja) sama saja dibanding kenaikan PNBPnya. Jadi PNBPnya tinggi tukinnya segitu PNBP rendah tukinnya segitu. Saya keluh saja pak, walau saya nggak menikmatinya," tutur Jonan sambil berkelakar.

Jonan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Komisi VII DPR RI tersebut, menurutnya capaian yang diperoleh Kementerian ESDM ini merupakan upaya bersama Komisi VII dan Kementerian ESDM .

"Kami atas nama Kementerian ESDM mengucapkan terima kasih atas waktu dan berkenan Bapak dan Ibu Anggota Komisi VII DPR RI untuk membahasa laporan keuangan Pemerintah Pusat dan Kinerja Kementerian ESDM. Sebenarnya kinerja ini adalah kinerja bersama dengan mitra Komisi VII DPR RI, khususnya seperti pencapaian penyerapan dan penerimaan PNBP itu adalah prestasi bersama," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
ESDM: Terjadi Tumpahan Minyak di Sumur Pertamina YYA-1 Blok ONWJ
ESDM: Risiko Gas Sumur ONWJ Seperti Semburan Teluk Meksiko di Film Deepwater Horizon
Menteri Jonan: Investasi Asing di Blok Masela Jadi yang Terbesar Sejak 1968
Penyaluran Tepat Sasaran, Pemerintah Hemat Rp30 Triliun Subsidi Elpiji
Pengusaha SPBU Didorong Prioritaskan Beli Solar Pertamina
Jabatan Ditjen Migas Segera Dilelang Menteri Jonan

(mdk/azz)