Menteri Jonan Usul Pertamax Cs Bisa Disubsidi di APBN 2020

UANG | 19 Maret 2019 14:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengusulkan subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) oktan tinggi seperti Pertamax Cs. Ini perlu dilakukan untuk meningkatkan penggunaan BBM dengan kualitas lebih baik.

Jonan mengatakan, berdasarkan usulan Anggota Komisi VII DPR Karyada Warnika dan gagasannya, BBM dengan kualitas lebih baik dan ramah lingkungan akan diusulkan disubsidi negara.

"Ke depan usulan Pak Kardaya (Anggota Komisi VII DPR) tempo hari dan yang saya pikirkan juga, sebenarnya yang perlu dapat subsidi yang oktan lebih baik yang ramah lingkungan," kata Jonan saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/3).

Jonan melanjutkan, sementara BBM jenis Premium dengan kadar Research Octane Number (RON) 88, akan tetap dibiarkan mengikuti harga pasar. "Yang premium biar market saja," ujarnya.

Menurut Jonan, gagasan yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan konsumsi BBM yang lebih ramah lingkungan tersebut akan diusulkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun depan.

"Ini akan diusulkan mungkin APBN 2020. Misal Pertamaxlah, ke depan kami akan usulkan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
7 Janji Jokowi Saat 2014 yang Tepat dan Meleset dari Realisasi
Subsidi Energi: Jokowi dan Prabowo Sepakat Dipertahankan dengan Distribusi Tertutup
Jika Terpilih, Sandiaga Uno Janji Tak Naikkan Harga BBM Subsidi
4 Kebijakan Para Menteri Jokowi Batal Diterapkan Setelah Kontroversi
Penyebab Subsidi Energi Meroket Jadi Rp 153 Triliun di 2018
Pemerintah Tetapkan Harga BBM Subsidi Tidak Naik

(mdk/idr)