Menteri Rini angkat eks dirkeu Mandiri jadi bos Garuda Indonesia

Menteri Rini angkat eks dirkeu Mandiri jadi bos Garuda Indonesia
Pahala Nugraha Mansury. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko
EKONOMI | 12 April 2017 19:14 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengangkat Direktur Keuangan Bank Mandiri Pahala Nugraha Mansyuri menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk menggantikan Arif Wibowo. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan di Kantor Pusat Garuda Indonesia, kawasan Bandar Udara Soekarno-Hatta.

"Pak Arif diganti oleh Pak Pahala dari Bank Mandiri," ujar Komisaris utama Garuda Indonesia Jusman Syafii Jamal di Cengkareng, Rabu (12/4).

Jusman mengatakan pemegang saham menilai Pahala sebagai orang yang tepat untuk memimpin Garuda. "Kalau pemegang saham bilang tepat, ya pasti tepat. Kan ada prosesnya," ungkapnya.

Menurutnya, pengangkatan Pahala oleh Rini disebabkan beban operasional dan keuangan Garuda tengah berdarah-darah. Untuk itu, kata Jusman, Menteri Rini butuh orang yang berlatar belakang keuangan dalam mengelola BUMN penerbangan ini.

"Masalah di Garuda itu kan dua. Yang pertama itu sifatnya operasional yang kedua sifatnya struktural, dalam arti finansial. Karena armadanya tumbuh besar, disitu ada bebas cost. Jadi saya kira, ibu Rini mengambil latar belakang orang yang finansial. Karena secara operasional itu baik garuda," jelasnya.

Arif Wibowo sendiri telah menjabat sebagai dirut maskapai penerbangan nasional ini sejak 12 Desember 2014 menggantikan Emirsyah Satar yang mengundurkan diri pada 8 Desember 2014. (mdk/sau)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami