Menteri Rini: Keuntungan BUMN di Atas Rp 200 Triliun di 2018

UANG | 7 April 2019 12:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan keuntungan seluruh BUMN secara total per tahun telah lebih dari Rp 200 triliun. Angka ini meningkat pesat dari ketika pertama dirinya dilantik memimpin Kementerian BUMN pada tahun 2014.

"Saat pertama saya ditunjuk sebagai Menteri BUMN, keuntungan BUMN Rp 143 triliun dan dengan kerja keras berbagai BUMN, sekarang 2018 untungnya di atas Rp 200 triliun, jadi terima kasih semua," kata Rini Soemarno saat memberi kata sambutan dalam stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, dikutip Antara, Minggu (7/4).

Menurutnya, tidak mungkin seluruh BUMN bisa mencapai jumlah keuntungan yang sangat besar tersebut kalau bukan karena kerja keras dari berbagai BUMN. Selain itu, sinergi BUMN juga dinilai telah betul-betul membantu sehingga bila dahulu ada BUMN yang kinerjanya kurang bagus, maka dengan sinergi BUMN, hal tersebut betul-betul membantu.

"Kita semua keluarga besar BUMN, karena itu harus selalu bersatu dan selalu saling menjaga," ujarnya.

Dia pun berharap, keuntungan total BUMN ke depannya bisa mencapai lebih dari Rp500 triliun dan hal itu dinilai juga menjadi tanggung jawab dari generasi milenial mendatang.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengklaim bakal meraih untung di atas Rp 190 triliun untuk tahun buku 2018. Itu melebihi dari proyeksi awal yang semula ditargetkan sebesar Rp 179 triliun.

"Alhamdulilah setelah 4 tahun kita bisa bangun jalan tol, jembatan, listrik dan lain-lain. Tahun 2018 Insha allah di atas Rp 190 triliun untungnya. BUMN bisa dapat untung lebih baik dan dikelola profesional serta transparan," ujarnya di Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Tak hanya itu, dia menekankan para BUMN yang untung harus dapat berbagi kembali kepada masyarakat. Keuntungan perusahaan menurutnya harus bermanfaat bagi pembangunan ekonomi. (mdk/azz)

Baca juga:
Diluncurkan Minggu Depan, LinkAja Diklaim Mampu Saingi Alipay
Janji Prabowo Usut Praktik Korupsi di BUMN jika Jadi Presiden
Inalum Siapkan Rp 84,77 Triliun Tambah Kapasitas Produksi Hingga 2025
Menteri Rini: Soekarno-Hatta Seperti Bandara London
Bulog Diminta Serap 50 Persen Hasil Gabah Petani Indramayu
Anggota DEN: PLN dan Pertamina Harus Antisipasi EBT Agar Tak Rugi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.