Menteri Sri Mulyani Soal KPBU SPAM Jatiluhur: Inovatif dan Kreatif Financing!

Menteri Sri Mulyani Soal KPBU SPAM Jatiluhur: Inovatif dan Kreatif Financing!
Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
UANG | 19 Februari 2021 16:20 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyambut baik Perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I. Menurutnya, skema ini tepat dalam membiayai kebutuhan pembangunan di Tanah Air.

"Ini adalah cara inovatif financing, creative financing namun tetap akuntable," kata dia dalam penandatanganan KPBU SPAM Regional Jatiluhur I secara virtual, Jumat (19/2).

Bendahara Negara itu berharap, skema KPBU akan menjadi alternatif solusi kebutuhan prioritas mendesak dari infrastruktur, utamanya air bersih. Sebab, pada saat yang sama, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) telah menghadapi kendala yang sangat besar karena pandemi Covid-19.

"Proyek ini capex-nya Rp1,675 triliun dan tadi sudah disampaikan akan menghasilkan 4.750 liter per detik dan akan disambungkan kepada 380.000 rumah serta memberikan pelayanan air minum kepada 1,9 juta jiwa manusia," ujarnya.

"Proyek ini juga mendapatkan dukungan jaminan melalui PT PII dengan nilai eksposure nya Rp500 miliar," sambung dia.

Menteri Sri Mulyani memahami, pemerintah sudah cukup banyak belajar mengenai proyek SPAM. Bahkan, bisa dibilang proyek ini tantangannya cukup banyak untuk merealisir sampai kepada titik final dan kemudian bisa berjalan.

"Proyek SPAM Regional Jatiluhur yang kedua sesudah proyek regional Unggulan Jawa Timur. Kita semuanya harusnya belajar kalau ada hal-hal yang berpotensi untuk menghalangi pelaksanaan proyek ini atau kalaupun sudah jalan nanti tidak sustainable," sebutnya.

Baca Selanjutnya: SPAM Jatiluhur I Pasok Air...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami