Menteri Sri Mulyani Tegur Pejabat Pemda yang 'Hobi' Plesiran ke Jakarta

UANG | 10 Desember 2018 21:52 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti informasi ada kepala daerah yang mengunjungi kementeriannya sebanyak 46 kali dalam setahun terakhir. Padahal, sebenarnya hal ini tak perlu terjadi sebab hanya akan menghabiskan anggaran.

Menteri Sri Mulyani mengatakan ke depan pihaknya akan mengedarkan surat kepada kepala daerah agar tidak selalu hadir ke Jakarta guna bertemu dengan Kementerian Keuangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan tidak terjadi pemborosan anggaran.

"Jadi, dengan adanya pernyataan dan temuan ini juga surat yang disampaikan dirjen, oleh saya nanti kepada kepala daerah. Sebetulnya untuk memberikan kepastian bahwa berhubungan dengan Kemenkeu anda tidak perlu harus mengirimkan orang setiap bulan 2 atau 3 kali dan kemudian dengan rombongan yang banyak menghabiskan anggaran mereka," ujarnya ditemui di Le Meredien, Jakarta, Senin (10/12).

Menteri Sri Mulyani tidak menyebut siapa saja pemerintah daerah yang memiliki hobi berkunjung ke Kantor Kementerian Keuangan. Meski demikian, dia memaklumi, mungkin selama ini pemerintah daerah merasa keluhannya tidak didengar bila tidak datang langsung.

"Saya tidak nyebutin. Ada beberapa pemda yang melakukan seperti itu. Tapi itu kan tidak selalu mengatakan bahwa itu jelek. Mungkin selama ini mereka tidak tahu bagaimana berhubungan dengan Kemenkeu. Mereka menganggap kalau tidak datang sendiri tidak akan mendapat pelayanan," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun menambahkan, upaya Kementeriannya mengingatkan kepala daerah merupakan pembelajaran yang baik. "Saya rasa itu pembelajaran yang baik. Dan kita akan coba lakukan untuk pemerintah daerah agar semakin baik," tandas Menteri Sri Mulyani.

Baca juga:
Bicara GCG, Menteri Sri Mulyani Pamerkan Deretan Penghargaan Kemenkeu
Prabowo Ingin Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Kata Sri Mulyani
Sri Mulyani Ungkap Makelar Jadi Biang Kerok Korupsi Anggaran Daerah
Sri Mulyani Ajak Kepala Daerah Bersama Tangkal Dampak Krisis Dunia, Ini Caranya
Putri Pendiri Huawei Ditangkap, Ini Tanggapan Sri Mulyani
Pemerintah Incar Emak-emak Genjot Jumlah Investor Dalam Negeri
Cadangan Devisa Naik ke Posisi USD 117,2 miliar, Ini Kata Sri Mulyani

(mdk/bim)