Menteri Susi Ingin Bangun Monumen Kenang Upaya Pemberantasan Pencurian Ikan

UANG | 19 September 2019 11:56 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengharapkan di sisa-sisa akhir massa jabatan Pemerintahan Jokowi Jilid I ada sebuah monumen sejarah berdiri atas kebijakannya dalam memberantas pencurian ikan atau ilegal fishing. Monumen ini sebagai bukti peninggalan atas upaya kinerja yang dilakukan pihaknya bersama Satgas 115.

"Kita ingin juga punya monumen yang menyisakan kenangan kepada kita sebagai salah satu bukti satgas bekerja. Biar orang tahu ini lho bukti illegal fishing kapal seperti apa," kata Menteri Susi saat penutupan acara rakornas di Kantornya, Jakarta, Kamis (19/9).

Menteri Susi mengatakan, dengan berdirinya monumen tersebut, maka akan menjadi sebuah pembelajaran untuk segenap bangsa Indonesia. Bahwasanya, di Indonesia sendiri ada upaya kampanye atas bahaya ilegal fishing.

"Sudah wajib kita membuat monumen untuk pembelajaran bangsa. Jangan semua orang angkatan laut, KKP, PSDKP saja yang tahu. Saya yakin di PSDKP, non PSDKP anak-anak pun belum lihat kapal illegal fishing tuh seperti apa," kata dia.

Terakhir, Komandan Satgas 115 ini pun menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kerjasama yang dilakukan pihaknya dan seluruh instansi dalam melakukan pemberantasan ilegal fishing. Sebab, dalam implementasinya upaya ini tidak bisa dilakukan dengan sendiri, perlu kerjasama tim yang baik.

"Makasih atas semua kerjasama atas semua kerja keras, koordinasi, effort yang bapak ibu lakukan dalam mendukung kerja Satgas 115," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Susi juga mengharapkan Satgas 115 tetap berlanjut di periode pemerintahan selanjutnya. Sebab, peran Satgas ini sangat penting bagi kedaulatan, keamanan, dan keberlanjutan sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

"Satgas 115 adalah yang pertama dibentuk Presiden dalam penanggulangan pencurian ikan ilegal unreported unregulated fishing, yang terdiri dari angkatan laut, Bakamla, Kejaksaan agung, juga Pol Air," kata dia.

Baca juga:
Samudra Pasifik Bebas IUU Fishing di 2020, Pemerintah Tetap Waspada
Menteri Susi Endus Modus Pembangunan Kapal oleh Pelaku Pencurian Ikan
Menteri Susi Sebut Kebijakan Penenggelaman Belum Menyentuh Pemilik Kapal
Curi Ikan Indonesia, Kapal Malaysia Ditangkap Anak Buah Menteri Susi
Tak Kantongi Izin Tangkap Ikan di Perairan NTT, 2 Nelayan NTB Ditangkap Polisi
Anak Buah Menteri Susi Tangkap 3 Kapal Filipina Curi Ikan Indonesia
KKP Tangkap 6 Kapal Pencuri Ikan Ilegal Asal Vietnam dan Filipina

(mdk/bim)