Menteri Susi Ingin Perindo dan Perinus jadi Bulog Perikanan

UANG | 12 September 2019 12:31 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mendorong Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Perinus) untuk menjaga suplai ikan masyarakat. Dua perusahaan pelat merah ini diharapkan bisa menjadi 'Bulog' di sektor perikanan.

Upaya menjaga ketersediaan pasokan ikan bagi masyarakat bisa dijalankan misalnya dengan membangun sarana penampungan ikan di setiap provinsi.

"Sudah saatnya Perindo, Perinus itu di setiap Provinsi itu punya cold storage 5.000 ton," kata dia di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Kamis (12/9).

Dalam pandangan Menteri Susi, ini merupakan pekerjaan rumah alias PR bagi manajemen Perindo maupun Perinus. "Musim beli tampung. Membuat kartel bisnis untuk menjaga suplai protein cukup untuk anak-anak bangsa. Jadi Bulog-nya ikan. Itu PR Dirut Perindo dan Perinus," ujarnya.

Tak hanya Perindo dan Perinus. Susi juga meminta PT Pos Indonesia untuk masuk dalam rantai suplai perikanan. Misalnya terlibat dalam distribusi ikan di Indonesia.

"PT Pos harus juga terjun. Jangan hanya kirimkan kertas saja. Kirimkan ikan kemana-mana. Fish by mail. Terobosan-terobosan semacam itu dimungkinkan dan platform digital itu dimungkinkan. Anda bisa bekerja dengan aplikasi dengan apa saja," tandasnya.

Baca juga:
Menteri Susi Minta Anak Buah Perbaiki Diri
Menteri Susi Ingin Perindo dan Perinus jadi Bulog Perikanan
Curi Ikan Indonesia, Kapal Malaysia Ditangkap Anak Buah Menteri Susi
Angkat Tingkat Kecerdasan Anak Bangsa, Menteri Susi Dorong Konsumsi Ikan
Menteri Susi: Asupan Ikan Penting dalam Peningkatan Kualitas SDM RI

(mdk/idr)