Menteri Susi Sebut Energi dan Pangan akan Jadi Pemicu Perang

UANG | 10 September 2019 13:08 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut perang antar negara ke depan bukan lagi melalui ideologi maupun politik. Namun lebih kepada sektor sumber daya alam, yakni menyangkut mengenai ketahanan energi dan pangan.

"Dari sisi apa? Energi dan pangan. Dua ini akan menjadi sumber konflik dari negara dengan negara tetangganya," kata Menteri Susi saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Selasa (10/9).

Dia mengatakan dengan letak geografis secara garis ekuator dengan suhu yang hampir sama sepanjang tahun dan dilewati oleh 4 samudera membuat sumber daya alam yang ada di Indonesia melimpah. Kondisi ini tentunya menguntungkan Indonesia sebagai negara maju.

"Ini membuat kayak dengan semua yang diperlukan sebagai pusat sumber daya alam yang sangat luar biasa. Bukan cuma ikan, minyak gas ada di lautan kita," kata dia.

Oleh karena itu, kedua sektor tersebut menjadi pusat perhatian oleh pemerintah. Di mana, pemerintah tengah melakukan upaya swasembada pangan dan mempercepat pertumbuhan energi terbarukan dan pengurangan energi fosil.

Baca juga:
KKP Gandeng LIPI dan BNPT Perkuat Riset dan Cegah Terorisme
Menteri Susi: KKP Satu-satunya Kementerian yang Anggaran Turun Berkat Efisiensi
Menko Luhut Sindir Banyak Proyek Sektor Perikanan Tak Berjalan Optimal
Mendagri Sarankan Gubernur Maluku Ajukan Keberatan Soal Moratorium ke Menteri Susi
Cara Anak Buah Menteri Susi Cegah Stunting
Mejeng di Pameran Jepang, RI Lirik Potensi Ekspor Perikanan Rp607 Miliar

(mdk/azz)