Menteri Susi Tegaskan Pentingnya Ketersediaan Bahan Pangan di Indonesia

UANG | 17 September 2019 12:23 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menekankan pentingnya ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, ke depan ketersediaan pangan akan menjadi persoalan krusial.

Dia bahkan menekankan, perang di masa depan tidak lagi berkaitan dengan perang ideologis atau politis, melainkan berkaitan dengan ketersediaan bahan pangan.

"Kita juga menyadari tantangan ke depan ini terus akan makin besar. Perang ke depan bukan lagi tentang ideologi atau politik, tapi lebih nanti kecukupan pangan," kata dia, dalam Rakornas Satgas 115, di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Selasa (17/9).

Karena itu, tugas pemerintah adalah memastikan tercukupinya bahan pangan bagi masyarakat Indonesia. Dalam konteks tugas dan wewenang Satgas 115, lanjut dia, berkaitan dengan mengamankan sumber daya kelautan.

"Saya berharap upaya dalam menjaga sumber daya alam ini akan terus menerus dilakukan dan Rakornas ini saya harapkan menghasilkan poin-poin penting untuk terus memayungi dan melakukan kerja sama antarinstansi dalam menjaga sumber daya alam Indonesia terutama di bidang perikanan," ungkapnya.

Selain itu, peran Satgas 115 menjadi makin besar karena tindak ilegal unreported unregulated fishing juga disertai dengan tindak kejahatan lain, seperti peredaran narkoba dan upaya penggelapan pajak. "Karena ternyata ilegal unreported unregulated fishing narkoba ada, senjata juga ada, selain penggelapan pajak dan sebagainya," tandasnya.

Baca juga:
Kabupaten Bogor Siapkan Tiga Kecamatan sebagai Lumbung Padi Dunia
Menteri Susi Sebut Energi dan Pangan akan Jadi Pemicu Perang
Indonesia Butuh Kebijakan Pro Petani dan Perdagangan untuk Capai Kedaulatan Pangan
OSO Serukan Hentikan Impor: Petani Sejahtera, Negara Aman Sentosa
Indonesia Ekspor 15.000 Ton Pangan Segar ke 29 Negara di Semester 1-2019
Strategi Kementan Jadikan RI Penyalur Pangan Terbesar di Dunia

(mdk/azz)