Menteri Teten Dorong Pembentukan Koperasi Pangan Maritim

Menteri Teten Dorong Pembentukan Koperasi Pangan Maritim
UANG | 13 Juli 2020 15:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, akan mendorong koperasi dalam sektor pangan maritim. Saat ini, 96 persen usaha di sektor maritim masih di tingkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kalau kita lihat pengalaman negara-negara yang koperasinya besar itu karena potensi untuk dikembangkannya besar, oleh karena itu kita ingin dorong koperasi masuk ke sektor pangan maritim, di mana sumber daya kita luar biasa," kata Menteri Teten dalam webinar Koperasi Nasional, Senin (13/7).

Menteri Teten mengatakan, saat ini baru ada 13.821 unit koperasi yang bergerak di sektor pangan, atau setara 11,23 persen total koperasi. Dengan kontribusi omzet 7,27 persen terhadap total omzet koperasi di Indonesia.

"Hal tersebut mengindikasikan bahwa kontribusi positif koperasi Indonesia bisa kita dorong dengan optimal, dalam beberapa tahun ke depan dengan pengembangan yang lebih fokus dan terarah," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Susun Konsep Pengembangan Koperasi

pengembangan koperasi

Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM sedang menyusun konsep arsitektur pengembangan koperasi Indonesia, untuk mewujudkan koperasi yang sehat, mandiri, modern, berdaya saing dan mendukung UMKM.

Melalui empat pilar kebijakan yakni fokus pada infrastruktur, profesionalisme tata kelola koperasi, pembiayaan, dan kapasitas usaha serta pengawasan dalam konteks pembinaan terhadap koperasi.

"Dalam arsitektur tersebut pengembangan koperasi kami arahkan agar sejalan pengembangan UMKM sehingga akses UMKM terhadap pasar, teknologi menjadi lebih luas, dan dampak ekonomi yang diberikan koperasi dan UMKM bisa memberikan multi efek yang lebih besar, baik untuk anggota dan ekonomi Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Menkop Teten: Kontribusi Masyarakat ke Koperasi Masih Sangat Rendah
Koperasi Makmur Mandiri, Bantu Sesama dengan Berkoperasi
Ada Kasus Gagal Bayar, Menkop Teten akan Perkuat Sistem Pengawasan Koperasi
Menkop Teten: Koperasi Jadi Penyelamat Ekonomi Saat Krisis
Khofifah Minta Koperasi Percepat Transformasi Layanan Digital di Masa Pandemi
Pemerintah Ingatkan Pengajuan Izin Pembukaan Koperasi Kini Bisa Online Lewat OSS
Pemerintah Beri Sertifikasi Produk Koperasi dan UMKM Gratis Demi Genjot Daya Saing

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami