Menteri Teten Sebut Bantuan Modal Kerja Rp2,4 Juta Sasar 12 Juta UMKM

Menteri Teten Sebut Bantuan Modal Kerja Rp2,4 Juta Sasar 12 Juta UMKM
UANG | 16 Juli 2020 18:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan saat ini presiden sedang merancang tambahan stimulus untuk usaha menengah kecil dan mikro (UMKM), dalam bentuk bantuan sosial produktif. Rencananya akan membidik 12 juta usaha mikro dan ultra mikro.

"12 juta pelaku mikro dan ultra mikro yang akan mendapatkan bansos modal kerja, mudah-mudahan bisa lebih simple tidak perlu ada pembayaran bunga dan cicilan karena ini bansos," kata Menteri Teten dalam webinar, Kamis (16/7).

Sebelumnya, Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Fixy, mengatakan pemerintah sedang mendesain pemberian bantuan modal kerja bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di luar program pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp123 triliun. Modal kerja yang direncanakan sebesar Rp2,4 juta tersebut nantinya diperuntukkan bagi pelaku usaha yang tidak bisa mengakses stimulus sebesar Rp123 triliun.

"Untuk yang tidak bisa mengakses dana Rp123 triliun karena ini memang kan mekanismenya kebanyakan untuk UMKM yang sudah terlibat dalam lembaga pembiayaan. Ini memang pemerintah sedang mencoba menyiapkan untuk dana bantuan modal kerja untuk usaha kecil agar tidak merogoh tabungan sendiri," ujar Fixy.

Baca Selanjutnya: Presiden Jokowi Luncurkan Bansos Tahap...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami