Menteri Teten Sebut UMKM Butuh Mitra Usaha Besar untuk Transfer Teknologi

Menteri Teten Sebut UMKM Butuh Mitra Usaha Besar untuk Transfer Teknologi
Menkop Teten Masduki. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
EKONOMI | 18 Juni 2020 11:59 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenKop UKM), Teten Masduki menyambut baik program Apindo UMKM Academy yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebagai wadah belajar bagi UMKM domestik. Dia menyebut, program ini menjadi jalan bagi para pelaku UMKM di Indonesia naik kelas ke skala usaha yang lebih besar.

"Saya mengapresiasi dan menyambut baik setinggi-tingginya Apindo UMKM Academy yang akan memberikan manfaat banyak bagi UMKM untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalahnya saat ini," kata dia dalam pernyataannya, Kamis (18/6).

Menteri Teten mengatakan, bahwa untuk bisa berkembang UMKM harus memiliki kemitraan yang baik dengan usaha besar sebagai sarana transfer pengalaman dan teknologi. Sekaligus untuk mendapatkan bimbingan dalam mengembangkan usaha.

Oleh karena itu, dia mendukung penuh pembentukan Apindo UMKM Academy sebagai wadah untuk bisa meningkatkan pendampingan bagi UMKM dengan ekosistem pendukung termasuk pembiayaan hingga teknologi.

Ke depan, Menteri Teten menekankan pentingnya kemitraan antara UMKM dengan usaha besar. Sebab, selama ini UMKM yang bisa berkembang adalah mereka yang bermitra dengan usaha besar sehingga perlu ada linkage dengan usaha besar.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Ekonomi

rev1

Ketua Bidang UKM/IKM Apindo, Ronald Walla, mengatakan pihaknya bersama dengan pemerintah dan pihak lain untuk berkomitmen untuk mengangkat ekonomi Indonesia bersama. Yakni, menjembatani kebutuhan UMKM dengan pengusaha, pakar ekonomi dan pemerintah melalui kegiatan webinar series, pembelajaran online, dan pendampingan berkelanjutan dalam pemberian materi dan konsultasi.

"Apindo UMKM Academy sebagai bentuk kepedulian untuk mengangkat UKM dari keterpurukan bisa kita wujudkan. Acara ini dihadiri 1000 peserta UMKM, calon pendiri UMKM dari seluruh Indonesia," tegas Ronald. (mdk/idr)

Baca juga:
Menteri Teten: 99 Persen Ekonomi Indonesia Ialah UMKM
Apindo dan BPJS Ketenagakerjaan Luncurkan Program Apindo UMKM Akademi
Kemenperin Ajak IKM Masuk Pasar Digital Lewat Gerakan Semuanya Ada Disini
Pemerintah Libatkan UMKM dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
Menkop dan UKM Dorong Platform Digital Terintegrasi Bagi UMKM
Tips Ampuh untuk Pebisnis UMKM Terhindar Ancaman Phishing

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini