Menteri Teten Ungkap Go Digital dan Adaptif Kunci UMKM Bertahan Selama Masa Pandemi

Menteri Teten Ungkap Go Digital dan Adaptif Kunci UMKM Bertahan Selama Masa Pandemi
UANG | 30 Juni 2020 16:34 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, membagikan tips agar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat menjaga kelangsungan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, ada dua kunci utama yang dapat diterapkan pelaku UMKM nasional di saat pandemi ini.

Pertama, para pelaku UMKM harus berani manfaatkan penjualan secara daring. Sebab, terhubung dengan ekosistem digital akan memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai produk UMKM Indonesia.

"Dalam masa ini, UMKM yang bisa bertahan adalah UMKM yang terintegrasi dengan ekosistem digital. Tapi hanya 13 persen UMKM kita yang sudah ke digitalisasi," kata dia dalam webinar via Zoom, Selasa (30/6).

Menteri Teten menjelaskan di masa pandemi ini masyarakat mulai membatasi pembelian secara langsung. Alhasil pembelian secara online kini menjadi tren karena dinilai lebih aman dan praktis.

1 dari 1 halaman

Tips Kedua

rev2

Kedua, dia menyebut pelaku usaha UMKM di Indonesia harus lebih adaptif dalam menyikapi pandemi ini. Yakni, mengalihkan produksi bisnisnya ke berbagai barang yang diperlukan konsumen saat ini.

"Seperti alih bisnis ke masker produksi masker atau barang lainnya yang menjadi trend. Artinya UMKM ini merespon permintaan pasar," jelasnya.

Oleh karenanya, Teten mendorong pelaku UMKM nasional mampu menerapkan kedua poin yang disampaikannya. Apalagi ia berujar jika Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan 10 juta UMKM dapat memanfaatkan penjualan secara daring di akhir tahun ini.

"Dua hal itu menjadi penting untuk digitalisasi terintegrasi dan bisnis adaptif. Supaya ke depan dapat memenuhi perubahan konsumen untuk belanja secara online," tukasnya.

(mdk/bim)

Baca juga:
Kehadiran Virus Corona Percepat UMKM Go Digital
Survei: 62,6 Persen UMKM Yakin Mampu Bertahan 1 Tahun Lebih di Tengah Pandemi Corona
Program 'Perjodohan' Kementerian Perindustrian Buka Pasar IKM Logam Otomotif
Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan dalam Pengadaan Barang dan Jasa
Bos HIPMI Ungkap Pengusaha Kecil Kesulitan Akses Relaksasi Kredit Imbas Corona
Menteri Teten: 99 Persen Ekonomi Indonesia Ialah UMKM
Gandeng Diaspora di China, UKM Indonesia Ekspor 27 Ton Tenggiri di Tengah Pandemi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5