Menteri Tjahjo Ungkap Sebab Passing Grade CPNS 2019 Diturunkan

UANG | 12 November 2019 12:59 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, menjelaskan nilai ambang batas (passing grade) yang digunakan pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini lebih rendah. Hal tersebut lantaran tahun kemarin passing grade dinilai terlalu tinggi sehingga banyak peserta yang tidak lulus di Kabupaten/Kota.

"Kalau tidak, kemarin tuh sampai ada beberapa Kabupaten/Kota tidak ada yang lulus. Kan kasian juga. Kami butuh pegawai tapi dari hasil tes itu soalnya ketinggian," kata Menteri Tjahjo di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Sebelumnya, sistem seleksi CPNS 2018 pada tes SKD menggunakan Permenpan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaaan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Mengacu pada Pasal 3 Permenpan 37/2018, dijelaskan bahwa nilai ambang batas SKD CPNS 2018, yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

1 dari 2 halaman

Tambahan Soal Radikalisme Dalam Tes CPNS

Menteri Tjahjo juga menjelaskan kali ini pihaknya juga menambah beberapa soal tes CPNS. Salah satunya soal radikalisme dan wawasan kebangsaan.

"Karena ada soal radikalisme masuk. Wawasan kebangsaan, pancasila dan ancaman secara umum tentang radikalisme," ungkap Menteri Tjahjo.

Sebelumnya juga, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan, akan membuat inovasi terkait pemberian soal dalam tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Yakni dengan menyisipkan soal-soal terkait isu pencegahan radikalisme.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyampaikan, soal-soal tersebut akan diselipkan dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK sendiri merupakan salah satu tes dalam rangkaian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selain Tes Karakter Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

"Soal-soal ini ada inovasi baru, misalnya radikalisme. Pada saat tes kebangsaan, kami sudah memasukkan keinginan untuk soal-soal seperti itu. Jadi akan ada soal seperti itu, tapi tidak signifikan," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Passing Grade CPNS 2019

Pemerintah resmi mengumumkan Nilai ambang batas atau passing grade untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Di mana, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 24 Tahun 2019 telah ditandatangani oleh Tjahjo Kumolo pada Senin 11 November 2019 sore.

"(PermenPANRB) sudah saya Tandatangani sore hari ini," ujar Tjahjo dalam pesan tertulis via WhatsApp, Senin malam.

Pasal 1 peraturan tersebut menjelaskan, nilai ambang batas SKD adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi CPNS.

Adapun tahap SKD pada CPNS 2019 meliputi:

- Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

- Tes Intelegensia Umum (TIU), dan

- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Nilai ambang batas untuk formasi umum pada ketiga tahap seleksi itu ditetapkan pada Pasal 3, yakni 126 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK. Dengan begitu, nilai kumulatif SKD CPNS 2019 berjumlah 271.

(mdk/bim)

Baca juga:
Peminat Sulit Akses Situs Pendaftaran CPNS 2019, Begini Penjelasan MenPAN Tjahjo
Berikut Passing Grade Tes SKD CPNS 2019
Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Simak Tata Cara Mendaftar di Portal SSCN BKN
Nilai Ambang Batas Tes CPNS 2019 Diumumkan Sore Ini
Jumlah Pendaftar CPNS di sscn.bkn.go.id Diprediksi Naik 10 Persen
Info Penting untuk Peserta Seleksi CPNS yang Sempat Lulus Tes SKD 2018
BKN: Portal Pendaftaran CPNS Sudah Bisa Dibuka, tapi Pendaftaran Nanti Malam