Menteri UKM janji muluskan pengajuan kredit industri kecil

Menteri UKM janji muluskan pengajuan kredit industri kecil
Menteri Anak Agung Ngurah Puspayoga datangi KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko
UANG | 16 Januari 2015 11:52 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Kabinet Kerja di bawah komando Presiden Joko Widodo tengah bersemangat mempromosikan gemar minum jamu untuk menggairahkan industri kreatif sekaligus industri kecil dan menengah.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AA Gede Puspayoga menuturkan, dukungan pemerintah juga diberikan melalui pendanaan. Pihaknya berjanji bakal memuluskan penyaluran kredit untuk industri kecil.

Dia menegaskan, pemerintah sudah menaikkan batas bawah pemberian kredit usaha rakyat (KUR). "Dulu kredit mikro Rp 20 juta tanpa agunan. Kita naikkan Rp 25 juta yang mikro," ujarnya di kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Jakarta Selatan, Jumat (16/1).

Sedangkan untuk pemberian KUR bagi industri besar, kata dia, belum selesai evaluasi. Salah satu penyebabnya, tingginya angka kredit macet.

"Kemarin NPL nya tinggi, debitur KUR tinggi. Cuma akan tetap untuk di atas Rp 25 juta sampai 500 juta kita masih berlangsung evaluasi," ujarnya,

Dia tidak menampik, debitur dari industri besar menjadi penyumbang kredit macet KUR. "Yang mikro tidak (kredit macet). NPL 4,2 persen yang debitur gede," ucapnya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami