Mercedes-Benz Siap Gunakan Bahan Bakar B30

Mercedes-Benz Siap Gunakan Bahan Bakar B30
UANG | 15 Januari 2020 10:46 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Pemerintah telah menyelesaikan proses uji coba dan siap menerapkan penyaluran bahan bakar biodiesel 30 atau B30. Rencananya penerapan B30 mulai dilakukan 1 Januari 2020.

Daimler Commercial Vehicles Indonesia menyatakan kesiapan seluruh lini produk kendaraan niaga Mercedes-Benz dalam penggunaan bahan bakar B30. Kendaraan niaga yang dimaksud ialah produk truk dan bus Mercedes-Benz.

"Daimler Commercial Vehicles Indonesia berkomitmen dalam mendukung program pemerintah melalui kesiapan lini produk kendaraan niaganya dalam menggunakan bahan bakar Biodiesel-30," tulis Daimler dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/1).

Daimler juga menginformasikan pada konsumennya sejumlah hal terkait penggunaan B30. Pertama, isilah bahan bakar di pompa pengisian resmi dengan standar kualitas B30.

Kedua, monitor secara berkala sistem penyaring bahan bakar (termasuk saringan pemisah air/ water separator) di awal penggunaan B30, dan gantilah bila diperlukan. Ketiga, bersihkan tangki bahan bakar secara berkala setiap 6 bulan sekali.

"Terakhir, interval perawatan harus disesuaikan berdasarkan kualitas pelumas, kondisi filter, dan kondisi pengoperasian."

1 dari 2 halaman

Gaikindo: Kandungan Air di Biodiesel B30 Pengaruhi Keandalan Mesin

air di biodiesel b30 pengaruhi keandalan mesin

Sekretaris Gabungan Kepala Kompartemen Teknik Lingkungan dan Industri Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Abdul Rochim menyebut bahwa kandungan air yang ada pada biodiesel B30 berpotensi mempengaruhi keandalan masin.

"Kami fokus ke water content (kandungan mesin) agak ketat. Itu yang mungkin terjadi di uji coba truk," kata Abdul Rochim usai menghadiri seminar hasil uji coba B30 di Kementerian ESDM dikutip Antara di Jakarta.

Dia menjelaskan, kandungan air tersebut bisa membuat proses pembakaran pada mesin tidak berlangsung maksimal. Akibatnya air bisa masuk ke dalam ruang oli dan menimbulkan kerusakan mesin.

Abdul juga menjelaskan bahwa penggunaan B30 memerlukan perawatan dari pemilik kendaraan untuk lebih sering memberikan perhatian pada kondisi mesin, sebab setidaknya itu juga membutuhkan oli yang berkandungan campuran nabati.

"Secara keseluruhan hasil uji jalan B20 sampai B30, kendalanya tidak terlalu berarti, dan saya harap ke depannya kualitasnya lebih membaik agar bisa diberlakukan di semua kendaraan tanpa masalah," kata Abdul.

2 dari 2 halaman

Menko Luhut: Penerapan B30 Bakal Pangkas Impor Energi 50 Persen

penerapan b30 bakal pangkas impor energi 50 persen

Indonesia akan menerapkan campuran minyak sawit 30 persen ke Solar atau B30 dalam waktu dekat. Langkah ini diyakini dapat menekan impor energi secara signifikan.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, penerapan B30 bisa menekan impor energi Indonesia hingga 50 persen di tahun depan.

"Kalau kita bikin nanti 1 Desember mulai dengan B30, saya pikir kita akan bisa mendekati hampir 50 persen di tahun depan," kata dia di Gedung DPR RI, Jakarta.

Sementara untuk penerapan B20 yang sudah berjalan, kata Luhut telah berhasil mengurangi impor energi Indonesia hingga 23 persen. Data tersebut diambil per September tahun ini.

"Kalau kita sampai B50, baru kita ketemu lagi. Kita nggak perlu urusan sama EU (Uni Eropa). Kita memohon, memohon selama ini supaya kita bisa ekspor ke sana," tegas dia.

"Dia (Uni Eropa) yang akan datang ke kita minta. Karena pada 2045 kita akan produksi 100 juta ton kelapa sawit. Dari angka ini kita akan global player di dalam hal energi," tandasnya.

(mdk/bim)

Baca juga:
Di HUT PDIP, Jokowi Banggakan Pertumbuhan Ekonomi RI Hingga Biodiesel
VIDEO: Jokowi Nilai Program Biodiesel Kunci Keberhasilan Keluar Dari Rezim Impor
Pemerintah Gandeng Swasta Implementasikan Program B30
Jokowi Sebut Penggunaan Solar Campur 30 Persen Minyak Sawit Hemat Devisa Rp63 Triliun
Terapkan B30, Pemerintah Diingatkan Masalah Deforestasi dan Eksploitasi Lahan Sawit
Pertamina Mulai Salurkan Solar Campur 30 Persen Minyak Sawit
Jokowi Sebut B30 Bisa Diterapkan Bulan Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami