Mercedes-Benz: Tidak Semua Orang Bisa Beli Tipe Mobil Dinas Presiden Jokowi

Mercedes-Benz: Tidak Semua Orang Bisa Beli Tipe Mobil Dinas Presiden Jokowi
UANG | 24 Agustus 2019 15:30 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Pemerintah telah resmi menunjuk Mercedes-Benz sebagai penyedia mobil dinas Presiden Jokowi. Mobil Mercedes yang terpilih ialah tipe S600 Guard.

Deputy Director Marketing Communication Mercedes Benz Indonesia (MBI), Hari Afirianto, mengatakan mobil dinas presiden nantinya merupakan buatan khusus sesuai pesanan. Jadi tidak semua orang bisa memilikinya.

Merdeka.com pun telah melakukan penelusuran di situs resmi Mercedes-Benz dan tidak menemukan tipe yang persis seperti dipesan negara.

"Karena kebutuhannya diperuntukkan khusus, jadi tidak seperti mobil penumpang biasa. Masyarakat umum belum tentu bisa beli," ujarnya kepada merdeka.com di Jakarta, Sabtu (24/8).

Hari menambahkan pihak Mercedes sangat menjunjung tinggi aspek kerahasiaan pembeli tipe ini. Termasuk soal harga dan spesifikasi pesanan. Apalagi mobil ini dipesan untuk seorang presiden seperti Jokowi.

"Kita harus melaksanakan UU konsumen yang diselenggarakan di Jerman. Apalagi untuk kepentingan kepala negara," tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara resmi mengganti kendaraan VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit yaitu Mercedes Bens S 600 Guard.

"Sesuai hasil pengadaan dan penawaran, Kemensetneg memutuskan untuk menyediakan 2 unit mobil Mercedes Bens sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan dan PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenangan 101 penyedia mobil menteri," kata Asisten Deputi Humas Kemensetneg Eddy Cahyono.

Kemensetneg mengadakan mobil dinas presiden sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung. Hal ini karena diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden. (mdk/bim)

Baca juga:
Mobil Dinas Presiden Jokowi yang Baru Hanya Akan Ada Satu di Dunia
Mercedes-Benz Bangga Dipercaya Sediakan Mobil Dinas Presiden Jokowi
Cerita Mendagri Nebeng Pengawal Akibat Mobil Dinas Mogok
Jokowi Pakai Mercedes-Benz S 600 Guard, Menteri Dapat Toyota Crown
Resmi Diganti, Mobil Dinas Presiden Jokowi Mercedes Benz S 600 Guard
Tengok Mewahnya Toyota Crown G-Executive akan Jadi Mobil Dinas Baru Menteri
Kemensetneg Bakal Sediakan 103 Unit Mobil Dinas Baru untuk Jokowi dan Para Menteri

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami