Merek Lokal Absen dari GIIAS 2019, Ini Penjelasan Gaikindo

UANG » MAKASSAR | 2 Juli 2019 17:28 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan berlangsung pada 18 hingga 28 Juli mendatang. Sejauh ini belum kehadiran peserta dari brand lokal, seperti Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Padahal alat angkut buatan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI) sempat mejeng di GIIAS 2018.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi pun menjelaskan alasan AMMes absen dari GIIAS. "Untuk AMMDes, itu bukan mobil tapi alat mekanik pedesaan. Sehingga tidak masuk mobil," kata dia, di Jakarta, Selasa (2/7).

Dia mengatakan, keikutsertaan AMMDes pada GIIAS tahun lalu merupakan bentuk dukungan Gaikindo kepada pemerintah untuk mempromosikan AMMDes. "Kenapa tahun lalu masuk (pameran), karena memanfaatkan animo masyarakat serta pengunjung GIIAS, sehingga AMMDes. Jadi bisa sedikit terangkat dalam hal untuk lebih diketahui masyarakat," jelas dia.

"Jadi selanjutnya seperti apa mungkin bisa ditanyakan kepada Kementerian Perindustrian, khususnya kepada Dirjen Ilmate. Karena AMMDes bukan mobil dan bukan anggota Gaikindo," sambungnya.

Selain AMMDes, brand kendaraan lokal seperti Fin Komodo, juga dipastikan oleh Yohannes tidak ikut dalam pameran GIIAS yang bakal berlangsung di ICE, BSD tersebut. "Fin Komodo adalah bukan anggota Gaikindo. statusnya sama seperti AMMDes," paparnya.

Baca juga:
Gaikindo Harap Aturan Kendaraan Ramah Lingkungan Segera Terbit
GIIAS 2019 Hadir 18-28 Juli di ICE BSD, Berikut Sejumlah Penawaran Menarik Ditawarkan
Hadir Lebih Cepat, Pameran GIIAS 2019 Dimulai dari Surabaya, 29 Maret
3 Mobil Jagoan Daihatsu di GIIAS Makassar
Gaya klasik motor Super Cub C125 saat melantai di GIIAS 2018
Buka GIIAS 2018, Jokowi jajal mobil pedesaan AMMDes
Wow, Astra Financial tawarkan bunga 0,88 persen dan undian mobil di GIIAS 2018

(mdk/idr)