Merger Tiga Bank Syariah BUMN Tingkatkan Daya Saing Industri

Merger Tiga Bank Syariah BUMN Tingkatkan Daya Saing Industri
UANG | 4 November 2020 18:43 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Penggabungan tiga bank syariah milik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dinilai dapat meningkatkan daya saing keuangan syariah di era digital. Pengajar Studi Ekonomi Islam Universitas Indonesia, Banjaran Surya Indrastomo, menilai bank syariah hasil merger memiliki potensi bagus.

Sebab, masing-masing bank akan saling mewarisi hal-hal baik dari tiga entitas yang terlibat. Ini membuat bank syariah hasil merger memiliki kekuatan komplit untuk memperbesar pangsa pasar keuangan syariah.

"Bank hasil merger akan mewarisi nilai-nilai baik dari ketiga entitas yang terlibat," kata Banjaran kepada wartawan, Jakarta, Rabu (4/11).

Dia menjelaskan Bank Syariah Mandiri akan menyumbang sistem kerja dan profesionalitas. Inovasi program akan disumbangkan BNI Syariah. Sedangkan, BRI Syariah memiliki pemahaman kondisi lokal dan regional. Bila ketiganya digabungkan, akan membentuk bank syariah yang kuat.

"Integrasi ini membuat bank hasil merger memiliki fondasi kuat untuk beroperasi," kata dia.

Dampaknya terhadap perkembangan ekonomi syariah juga diyakini positif. Entitas baru yang lahir dari aksi korporasi ini akan memiliki modal besar untuk bergerak menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia menyebut, potensi pertumbuhan dan dampak positif muncul karena bank syariah hasil merger akan memiliki nilai aset dan sumber daya yang melimpah. Keunggulan entitas hasil merger bisa membuat market share industri keuangan syariah di Indonesia lebih besar dari yang ada.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami