Mimpi Ciptakan Mobil Listrik Murah, Pria Asal China ini Sukses Jadi Miliuner Baru

Mimpi Ciptakan Mobil Listrik Murah, Pria Asal China ini Sukses Jadi Miliuner Baru
UANG | 13 Agustus 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pasar mobil listrik China ciptakan miliuner baru. Dia adalah Li Xiang, pemilik perusahaan Li Auto. Cita-citanya adalah menciptakan produk mobil listrik yang inovatif dengan harga terjangkau.

Dilansir dari Forbes, saham Li Auto melonjak 50 persen usai mulai diperdagangkan di bursa saham Nasdaq. Li Auto sukses mengumpulkan dana USD 1,1 miliar dan membuat nilai pasarnya menjadi USD 11 miliar.

Melonjaknya saham Li Auto membuat kekayaan Li Xiang turut terkerek naik. Saat ini kekayaan Li mencapai USD 2,9 miliar atau setara Rp 42,7 triliun.

Li Auto juga berhasil mencuri perhatian beberapa investor besar. Seperti ByteDance, pemilik TikTok. Serta Meituan Dianping, perusahaan jasa antar makanan asal Hong Kong.

Analis menyebut kesuksesan lelaki yang disebut-sebut hampir menyaingi Elon Musk ini karena menargetkan pangsa pasarnya pada keluarga. Produk mobil listrik Li Auto yang terkenal ialah Li ONE, sebuah SUV listrik 6 kursi yang dibanderol USD 47.000 atau setara Rp 692,8 juta.

Untuk membedakan dengan model mobil listrik lain, seperti Tesla, Li memberikan teknologi yang mampu menciptakan bahan bakar listrik dari dua sumber yakni baterai dan mesin mobil. Sistem tersebut bernama EREV (extended range electric vehicles).

Menurut Direktur Analis Otomotif di LMC Automotive, John Zeng, Li tidak 100 persen bersaing dengan Tesla. "Mereka menemukan cara unik untuk mengembangkan model mereka sendiri," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Kinerja Li Auto...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami