Mind ID Gelar Lomba Inovasi Hadiah Rp1 Miliar, Begini Cara Daftarnya

Mind ID Gelar Lomba Inovasi Hadiah Rp1 Miliar, Begini Cara Daftarnya
Bigmind Innovation Award. ©2022 Merdeka.com
EKONOMI | 12 Juni 2022 16:24 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Holding Industri Pertambangan Mind ID yang terdiri dari PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk menggelar rangkaian roadshow BIGMIND Innovation Award. BIGMIND Innovation Award 2022 merupakan kompetisi untuk memberikan apresiasi kepada para akademisi, kalangan startup, komunitas litbang, karyawan pertambangan dan masyarakat umum.

Kompetisi ini diharapkan mampu memberi ide kreativitas untuk menjawab tantangan dan dinamika industri pertambangan yang dikenal memiliki kompleksitas tinggi.

Roadshow yang bertajuk Evolusi dan Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia, menghadirkan dua pembicara eksternal yaitu Irwandy Arif selaku Staf Khusus Mentri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara, dan R. Sukhyar sebagai Dewan Penasihat PERHAPI. Talkshow dihadiri lebih dari 400 partisipan yang tergabung secara hybrid.

"MIND ID melalui Indonesia Mining & Mineral Research Institute (IMMRI) terus mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi, riset, dan pengembangan khususnya di kluster mineral dan batubara di Indonesia, mengingat ragam inovasi dalam lanskap pertambangan belum begitu mendapat perhatian di Indonesia. Padahal, ruang inovasi yang tersedia di industri ini sebenarnya sangat besar untuk bisa dijajaki oleh para inovator Indonesia secara luas," kata SVP IMMRI, Ratih Dewihandajani Amri, Jakarta, Minggu (12/6).

Ajang Inovasi yang dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu Continuous Improvement, New Revenue Stream, dan Greenovator ini harapannya bisa menghasilkan solusi inovasi ataupun ide kreatif untuk di implementasikan di MIND ID Grup.

Oleh karena itu, panitia menggelar 6 kali Roadshow dengan tujuan agar masyarakat umum bisa mendapatkan gambaran secara lengkap permasalahan yang sedang dihadapi dalam dunia pertambangan terkini.

Empat roadshow telah digelar dan selanjutnya akan diselenggarakan pada 17 Juni 2022 melalui webinar dengan topik Proses Industri dan Digitalisasi. Lalu selanjutnya di Makassar 24 Juni 2022 dengan topik Eksplorasi dan Pertambangan.

2 dari 3 halaman

Cara Pengajuan Karya

Melanjutkan kesuksesan event kompetisi inovasi tahun sebelumnya, tahun ini BIGMIND Innovation Award mempermudah proses pengajuan karya hanya dengan menjawab pertanyaan kunci yang dapat dilakukan di www.big.mind.id dan telah dibuka sejak tanggal 20 Mei 2022 hingga 30 Juni 2022.

“Mudahnya proses pengiriman karya inovasi yang tanpa biaya pendaftaran, diharapkan dapat memotivasi setiap calon innovator untuk mengirimkan ide inovasinya sebanyak mungkin, tanpa mengurangi kualitas dari karya tersebut,” Imbuh Ratih.

Pada kesempatan yang sama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui penyelenggaraan Greenovator juga memberi paparan dan mengundang peserta untuk ikut memberikan inovasinya dalam bidang CCUS (Carbon Capture Utilization and Store) dan Dekarbonisasi.

Harapannya sebagai bagian dari MIND ID Grup, PTBA turut mengajak seluruh masyarakat menjadi bagian dari inovator inspiratif Indonesia yang menghijaukan bumi lewat inovasi Teknologi. Oleh karenanya apa yang dikerjakan hari ini merupakan persembahan terbaik untuk masa depan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Total Hadiah Hampir Rp1 Miliar

Pada kesempatan yang sama para peserta juga mendapatkan paparan mengenai ketentuan perlombaan, mulai dari syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftaran.

Antusiasme peserta meningkat karena total hadiah yang mencapai hampir Rp1 miliar. Kemudian, terdapat kesempatan untuk mengikui program inkubasi bagi tim yang dipilih oleh manajemen puncak MIND ID.

"Dalam ajang BIGMIND Innovation Award 2022 ini kami memberi kesempatan bagi semua kalangan untuk bergabung dan mengirimkan karya inovasinya. Berksempatan bagi 12 tim terbaik untuk bisa memenangkan hadiah total 900 Juta Rupiah, serta untuk tim yang hasil karyanya mampu menjawab tantangan Perusahaan serta dapat di implementasikan di lingkungan Grup MIND ID, maka terdapat kesempatan untuk mengikuti program inkubasi," ungkap Ratih.

(mdk/ags)

Baca juga:
Erick Thohir Angkat Hendi Prio Santoso Jadi Dirut Inalum
Ini Alasan Erick Thohir Copot Orias Moedak dari Kursi Dirut Inalum
MIND ID Berencana Akuisisi Perusahaan Tambang di Luar Negeri
MIND ID Masih Punya Masalah di Proyek Pertambangan
MIND ID Minta Dukungan DPR Percepat Regulasi Industri Kendaraan Listrik
Strategi MIND ID Tekan Emisi Karbon Lewat Dekarbonasi
Holding BUMN Tambang Buka Lowongan Kerja, Pendaftaran Dibuka Hingga 24 Juni 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini