Modal Nekat Jualan Baja, Pria Ini Sukses Jadi Miliuner Berharta Rp26,6 Triliun

Modal Nekat Jualan Baja, Pria Ini Sukses Jadi Miliuner Berharta Rp26,6 Triliun
Ilustrasi orang kaya. ©Giphy
UANG | 25 Januari 2021 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kisah hidup pria asal Vietnam, Tran Dinh Long ini sangat menginspirasi. Tak memiliki pengalaman di industri baja, kini dia sukses di industri tersebut hingga menjadi miliuner.

Dia memutuskan terjun ke bisnis komoditas ini pada pertengahan 1990-an tanpa pengalaman sama sekali. Dia saat itu hanya memberanikan bertaruh jika Vietnam akan membutuhkan lebih banyak baja seiring dengan perkembangan negara.

"Yang saya miliki hanyalah hasrat dan sedikit rasa takut," kata Long yang merupakan pendiri dan Chairman Hoa Phat Group, seperti dikutip dari Bloomberg.

Beberapa dekade kemudian, bisnisnya menjadi sangat sukses dan mengantarkan wirausahawan berusia 59 tahun itu sebagai miliuner. Saham Hoa Phat naik lebih dari dua kali lipat pada tahun lalu disebabkan lonjakan keuntungan.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, aliran keuntungan tersebut membuat kekayaan pria asal Hanoi dan istrinya itu menjadi USD 1,9 miliar setara Rp26,6 triliun, setelah memperhitungkan saham yang dijaminkan.

Long yang memiliki 26 persen dari Hoa Phat mengatakan, saham tersebut tidak dinilai terlalu tinggi meskipun rasio harga terhadap pendapatan mendekati tertinggi dalam lebih dari satu dekade.

Baca Selanjutnya: Awal Mula Usaha...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami