Moeldoko Sebut UU Cipta Kerja Dibutuhkan Koperasi dan UMKM

Moeldoko Sebut UU Cipta Kerja Dibutuhkan Koperasi dan UMKM
Moeldoko. ©2020 Dokumen Kantor Staf Presiden
EKONOMI | 9 Oktober 2020 12:33 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Di tengah kontroversi pengasahan Undang-Undang Cipta Kerja, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan regulasi ini banyak memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha koperasi dan UMKM. Sebab banyak memberikan kemudahan, salah satunya perizinan dalam memulai usaha.

"Di luar banyak yang diperdebatkan ini (UU Cipta Kerja), banyak hal penting bagi pelaku usaha termasuk koperasi dan UMKM," kata Moeldoko dalam High Level Seminar: Peran Serta Pengusaha Nahdliyyin dalam Revitalisasi Ekonomi Nasional, Jakarta, Jumat (9/10).

Selain kemudahan dalam perizinan, UU Cipta Kerja dinilai memberikan dukungan terpadu bagi pengembangan kluster dunia usaha, aspek produksi infrastruktur, dan pemasaran secara digitalisasi. Termasuk juga pemberian berbagai insentif dari pajak, proses ekspor-impor dan jaminan kredit pada pembiayaan.

"Jadi itu sebenarnya banyak hal yang dapat kemudahan," kata dia.

Lewat berbagai kemudahan yang disusun dalam UU Cipta Kerja, Moeldoko memastikan UMKM bisa bangkit dan selamat dari dampak pandemi Covid-19. Di masa mendatang juga UMKM harus bisa lebih kuat dalam memasuki era digitalisasi.

Ujian yang dialami UMKM saat ini akan menjadikan para pengusaha memiliki daya tahan, sehingga Moeldoko meminta pengusaha UMKM tidak menyerah. "Ini ujian bagi UMKM, karena kuat makanya diuji, tapi jangan menyerah juga," pungkasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Imbas Demo UU Cipta Kerja, 2 SPBU Pertamina Ditutup Sementara
Kementerian ESDM Belum Hitung Kerugian Akibat Gedung Dirusak Pendemo
Polisi Tetap Siaga di DPR dan Istana Negara Hari Ini
Ada Demo UU Cipta Kerja, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jabodetabek Aman
Menko PMK Minta Penolak UU Cipta Kerja Lakukan Judicial Review
Ibu-Ibu Pedagang di Ternate Mengamuk Tuntut Polisi Bebaskan Massa Aksi yang Ditangkap

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami