MotoGP Mandalika Beri Nilai Tambah Rp4,5 Triliun ke Ekonomi RI

MotoGP Mandalika Beri Nilai Tambah Rp4,5 Triliun ke Ekonomi RI
MotoGP Mandalika 2022. ©2022 Merdeka.com
EKONOMI | 30 Mei 2022 20:26 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebutkan penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah memberikan nilai tambah bagi ekonomi Indonesia sebesar Rp4,5 triliun. Angka ini lebih tinggi dari perkiraan pemerintah Di Rp700-800 miliar.

Kontribusi ajang MotoGP terhadap kenaikan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) NTB sebesar 1,46 persen secara tahunan (yoy) dengan peningkatan di sektor makanan dan minuman sebesar 1,04 persen, serta transportasi dan pergudangan 0,74 persen.

"Untuk pertumbuhan ekonomi NTB triwulan I tahun 2022 sebesar 7,76 persen, sementara pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional di angka 5,01 persen," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara virtual di Jakarta, dikutip Antara, Senin (30/5).

Ajang tersebut juga mendorong peningkatan jumlah penumpang ke NTB yang sangat signifikan, yakni melalui angkutan udara sebesar 94,81 persen dan angkutan laut 74,91 persen.

Sementara itu, hasil survei dampak ajang MotoGP terhadap pelaku usaha. Pertama, pelaku usaha mengalami peningkatan sebanyak 41 persen selama lomba balap sepeda motor internasional tersebut dengan 23 persen di antaranya berasal dari luar NTB.

Kedua, 59 persen pelaku usaha mendapatkan fasilitasi pelaksanaan MotoGP dan paling banyak memperoleh bantuan dari pemerintah sebesar 40,5 persen. Survei mencatatkan pula bahwa 46 persen pelaku usaha merupakan usaha rumah tangga.

"Ini banyak ibu-ibu, emak-emak, UMKM-UMKM," ungkap Sandiaga.

Saat penyelenggaraan MotoGP 2022, sebut dia, produk ekonomi kreatif yang paling laku ialah kuliner sebesar 50,43 persen, kriya 19,31 persen, fesyen 15,96 persen, dan lainnya 14,8 persen. Pelaku usaha tercatat pula mengalami pergeseran pendapatan mulai dari Rp5-50 juta.

Baca juga:
Aleix Espargaro Kendarai Motor Bonceng Empat Bak Emak-Emak Indonesia, Ini Potretnya
Dewas KPK Usut Total Penerima Fasilitas Dugaan Gratifikasi MotoGP Lili Pintauli
KPK Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Tiket MotoGP Lili Pintauli ke Pertamina
Dugaan Gratifikasi Tiket MotoGP Lili Pintauli, Dewas KPK Masih Kumpulkan Bukti
Mahfud MD Minta Dewas KPK Tegas dan Transparan Tangani Kasus Lili Pintauli
Lili Pintauli Dilaporkan ke Dewas KPK, Diduga Terima Gratifikasi MotoGP Mandalika

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini