Mudik Lebaran 2019, ini Strategi BPH Migas Atasi Kelangkaan BBM di Tol Trans Sumatera

UANG | 31 Mei 2019 14:25 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas melakukan sejumlah cara untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) cukup selama periode mudik Lebaran 2019. Hal ini juga menindaklanjuti kelangkaan BBM jenis Premium dan Pertamax di tol dan wilayah Mesuji dan Tulang Bawang menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H/2019.

"Kepala BPH Migas telah menginstruksikan Pertamina menambah pasokan ketersediaan BBM Gasoline baik itu jenis Premium, Pertalite dan Pertamax di jalur tol operasional dan fungsional di Trans Sumatera terutama di sekitar 340 Km tol wilayah Lampung ke Palembang," kata Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa, dalam keterangan tertulis, Jumat (31/5).

BPH Migas, sebagai Pelaksana Satuan Tugas Posko Nasional Sektor ESDM untuk Idul Fitri, juga menginstruksikan Pertamina untuk menyiapkan Mobil Dispenser dan Kantong BBM di 15 titik lokasi penjualan BBM yang ada (bukan hanya kios Pertamax) di Tol Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung - Palembang.

"BPH Migas juga meminta Pertamina menambah armada Motoris di jalur tol Sumatera dan non tol, terutama daerah Mesuji dan Tulang Bawang," ungkapnya.

BPH Migas, lanjut dia, mengimbau masyarakat yang mudik dapat mengisi BBM sebelum memasuki tol operasional dan fungsional mengingat beberapa penggunaan masih dalam tahap uji coba tahun ini seperti tol Lampung ke Palembang. Langkah-langkah antisipasi puncak arus mudik telah dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan situasi terkini salah satunya adalah penyempurnaan untuk pasokan stok BBM.

BPH Migas meminta Pertamina dan badan usaha swasta lainnya sebagai penyalur BBM untuk mewaspadai ketersediaan BBM saat arus balik pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 mengingat tanggal 10 Juni 2019 sudah mulai efektif kerja.

Kemungkinan terjadi akumulasi arus balik masyarakat yang mudik saat Lebaran tahun ini dengan waktu yang relatif panjang di tanggal tersebut, sehingga harus ada konsentrasi BBM yang ekstra di tol Cikampek untuk Trans Jawa dan di tol Trans Sumatera daerah Palembang ke Bakauheni.

Dia menambahkan, dalam rangka mengamankan penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak, Gas, Listrik dan antisipasi kebencanaan Geologi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada saat Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019, telah dibentuk Tim Posko Nasional Energi Dan Sumber Daya Mineral sesuai Keputusan Menteri ESDM No 81K/73/MEM/2019 tangga 13 Mei 2019 dengan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM ditunjuk sebagai Ketua/Koordinator Posko Nasional Sektor ESDM dan Kepala BPH Migas sebagai Wakil Ketua.

Posko Nasional sektor ESDM melibatkan Kementerian ESDM, Kemenhub, Kementerian PUPR, Korlantas Polri, Badan Usaha di bidang penyediaan BBM, Gas,dan Listrik yaitu PT. Pertamina (Persero), PT. AKR Corporindo Tbk.PT. PLN (Persero), PT. PGN (Persero), PT. Pertagas Niaga, PT Shell Indonesia, PT Total Oil Indonesia, PT Vivo Energy Indonesia, PT. Exxon Mobil Lubricant Indonesia, dan PT Aneka Petroindo Raya.

"Dengan dibentuknya Posko Nasional diharapkan ketersediaan dan kelancaran distribusi BBM, Gas (LPG), listrik dapat terjamin ke seluruh wilayah NKRI untuk melayani kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 serta mengisi libur Lebaran," ujar dia.

"Selain itu juga apabila terjadi kelangkaan dan gangguan penyediaan dan pendistribusi BBM, Gas, Listrik dan bencana geologi (letusan gunung api, gempa bumi, tsunami, dan gerakan tanah) dapat direspon dan diatasi dengan cepat sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 dengan aman, tenang dan khidmat."

Sebagai informasi, Posko Nasional Lebaran 2019 sektor ESDM bermarkas di Gedung BPH Migas, Jl. Kapten P. Tendean No. 28 Jakarta Selatan. Nomor Kontak Pengaduan Masyarakat, antara lain sebagai berikut:

1. Call Center ESDM (136)
2. Posko BPH Migas (021-5276709).
3. Call Center PT. Pertamina (Persero) di (135).
4. Call Center PT. AKR Corporindo, Tbk di (021-531110).
5. Call Center PT. PLN ((kode area) 123).
6. Call Center PT. PGN di (1-500-645).
7. Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (022-7272606).

Baca juga:
BPH Migas Jamin Ketersediaan Gas Hingga Listrik Tetap Aman Saat Lebaran 2019
Lebaran 2019, Shell dan Total Ikut Diperintah Pemerintah Jaga Pasokan BBM Saat Mudik
BBM Satu Harga Kini Hadir di Ayamuru, Papua Barat
BPH Migas dan BLU Litbang ESDM Sinergi Perkuat Tata Kelola Jaringan Migas
Stok BBM di Mentawai Cukup, Harga Premium Rp6.450 dan Solar Rp5.150
Belum Kantongi Izin, AKR Tidak Bisa Jual Avtur
Hingga Maret 2019, Baru Ada 314 SPBU Pertamina Terapkan Digitalisasi

(mdk/bim)