Nadiem Makarim Dinilai Cocok jadi Menteri Koperasi dan UMKM

Nadiem Makarim Dinilai Cocok jadi Menteri Koperasi dan UMKM
Nadiem Makarim. ©2019 Instagram Kemdikbud RI
UANG | 16 April 2021 17:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi dikabarkan akan melebur Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini dinilai akan menjadi beban baru bagi Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo mengatakan, setidaknya ada beberapa perspektif yang mungkin terjadi apabila kementerian ini segera dilebur. Salah satunya, mengingat beban ke depan makin berat maka Nadiem Makarim bisa dirotasi ke Kementerian Koperasi dan UMKM.

"Dengan loading kerjanya, penggabungan Kemendikbudristek secara pribadi saya melihat dia akan mengakui bahwa talent dirinya dengan loading yang baru cukup berat. Bila dia mau melakukan refleksi talent dirinya, mungkin dia akan merequest pindah ke posisi lain," kata Ari dalam diskusi online, Jakarta, Jumat (16/4).

Prestasi Nadiem Makarim membangun Gojek Indonesia, menjadi modal dalam menggerakkan UMKM menjadi start up berdaya saing melalui digitalisasi. Di mana, hingga kini kinerja Kementerian Koperasi dan UMKM dinilai belum signifikan.

"Dengan prestasinya, dengan adanya Gojek maka yang paling pas buat dia adalah Kementerian Koperasi dan UMKM. Bagaimana mendigitalisasi UMKM dengan start up sehingga target Presiden meningkatkan kelas UMKM ini bisa pas," jelasnya.

Selanjutnya, Ari menyarankan, Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan UMKM saat ini digeser ke Kementerian Desa. Hal ini mengingat pengalaman dan kemampuan Teten yang cukup mumpuni.

"Bagaimana posisi Teten Masduki? Kalau teten disarankan ke Kementerian Desa dan PDTT. Track recordnya pas ke sana," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Pembentukan Kementerian Investasi Dicurigai untuk Bangun Ibu Kota Baru
Anggota Komisi XI DPR Soal Kementerian Investasi: Hanya Selesaikan Persoalan Hilir
BKN: Kementerian Investasi Bisa Ajukan Usulan Formasi CPNS Pasca Terbentuk
Demokrat Dukung Jokowi Bentuk Kementerian Investasi Atasi Krisis Ekonomi
Kementerian Investasi, Lahan Basah Bakal Diperebutkan Banyak Partai

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami