Nasib Pekerja Tak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Masihkah Dapat BSU?

Nasib Pekerja Tak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Masihkah Dapat BSU?
Rupiah. ©2013 Merdeka.com
EKONOMI | 25 September 2022 15:39 Reporter : Siti Ayu Rachma

Merdeka.com - Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 tahap kedua sudah mulai disalurkan kepada 1,6 juta penerima oleh Kementerian Ketenagakerjaan sebesar Rp 600.000 per pekerja/buruh yang diberikan satu kali.

Namun anda perlu mengetahui nih, bagi anda yang memang tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda tidak bisa mendaftarkan program BSU secara sendiri ke BPJS Ketenagakerjaan maupun Kemnaker. Dikutip dari akun instagram resmi @Kemanker, Anda tidak dapat mendaftar secara individual.

"Rekarner tidak bisa mendaftarkan sendiri secara individual ke kantor BPJS Ketenagakerjaan maupun Kementerian Ketenagakerjaan," tulis akun instagram @Kemnaker, Sabtu (24/9).

Dijelaskan bahwa penerima BSU didapatkan dari daftar peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah memenuhi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 tahun 2022.

Sebagai informasi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap kedua secara simbolis kepada 38 pekerja/karyawan PT Leea Footwear Indonesia dari total penerima 1.692 orang pekerja. BSU ditransfer melalui Bank BRI dan 18 pekerja PT The Winners International, dari total 1.956 pekerja yang ditransfer melalui Bank BNI.

"BSU tahap II ini merupakan kelanjutan tahap I lalu yang diberikan pemerintah untuk menjaga daya beli pekerja/buruh dalam memenuhi kebutuhan hidupnya usai kenaikan harga BBM, sejak 3 September tahun 2022 lalu," ujar Ida dalam keterangan resmi, Kamis (22/9). (mdk/azz)

Baca juga:
Ini Solusi Apabila Rekening Penyaluran BSU Bermasalah
Menaker Ida: Pekerja Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Sudah Dapatkan BSU Rp600.000
Menaker: BSU Rp600.000 Berasal dari APBN, Tidak Dikenakan Potongan
Segera Cek Rekening, BSU Tahap 2 Senilai Rp600.000 Resmi Cair
Curhat Perawat Terima BSU Rp600.000: Untuk Bayar Kos dan Beli BBM
Siapkan Rekening, Menaker Ida Mulai Salurkan BSU Tahap 2 Senilai Rp600.000

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini